22
Des

Biro Kepegawaian BKN Perbarui Database Kompetensi Jabatan Pengawas di Lingkungan BKN

(foto: lugi)

Jakarta-Humas BKN, Kepala Biro Kepegawaian BKN Anjaswari Dewi menyampaikan bahwa BKN akan melakukan perbaruan data dalam database potensi dan kompetensi para pegawai di lingkungan BKN. Perbaruan data akan dilakukan berdasarkan hasil penilaian potensi dan kompetensi kepada para pegawai yang ada.

Kepala Biro Kepegawaian BKN Anjaswari Dewi(kiri). (Foto: lugi)

Kamis (21/12/2017), Biro Kepegawaian BKN melakukan pemetaan potensi dan kompetensi kepada 29 Pejabat Pengawas di lingkungan BKN. Pemetaan berlangsung hingga Jumat 22 Desember 2017. ”Sebelumnya kami telah melakukan assessment (penilaian) potensi dan kompetensi terhadap 241 Pejabat Pengawas yang berada di lingkungan BKN. Sehingga jumlah total pejabat pengawas yang dipetakan potensinya pada tahun 2017 berjumlah 270 peserta. Jumlah tersebut baru sebagaian. Pada 2018 nanti diharapkan semua pejabat Pengawas dan Administrator sudah dipetakan kompetensinya secara menyeluruh,” jelas Anjaswari mengawali kegiatan pemetaan potensi dan kompetensi, Kamis (21/12/2017) di Station CAT BKN.

Anjaswari menambahkan assessment tersebut terdiri dari penilaian kompetensi teknis kepegawaian dan kompetensi manajerial dan sosio kultural. Penilaian kompetensi teknis kepegawaian dilaksanakan dengan metode Computer Assissted Test (CAT) BKN. Sementara untuk menggali kompetensi manajerial dan sosio kultural dilakukan dengan psikotes, proposal writting dan leaderless group discussion (LGD).

Pelaksanaan psikotes, proposal writting dan leaderless group discussion (LGD).(foto: lugi)

Anjaswari menambahkan hasil assessment nantinya juga akan menjadi referensi pengembangan potensi dan kompetensi pejabat yang bersangkutan. “Harapan dari hasil pemetaan yang telah dilakukan ke depan kami dapat menyusun program pengembangan yang tepat bagi para pegawai BKN. Program pengembangan yang tepat akan mendukung kemajuan kualitas kerja individu yang sekaligus akan mendukung kemajuan kinerja organisasi”. bal