03
Sep

BKN “All Out” agar Tes Penerimaan CPNS Sukses

Jakarta-Humas BKN, Untuk tes penerimaan CPNS tahun ini, tanpa kecuali, semua instansi pemerintah pusat dan daerah harus menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Terkait hal tersebut, BKN sudah “All Out” (maksimal) melakukan berbagai persiapan agar pelaksanaan tes CPNS pada hari H berjalan sukses. Informasi ini disuguhkan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) Aris Windiyanto di ruang kerjanya di lantai 2 gedung II BKN Pusat Jakarta, Rabu (9/8).

aris

Kapus Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Aris Windiyanto (menghadap kamera) menjelaskan peran BKN dalam proses penerimaan dan tes CPNS

Aris Windiyanto mengutarakan bahwa pembentukan sejumlah tim kerja yang bertugas dalam proses penerimaan dan tes CPNS merupakan salah satu manifestasi persiapan BKN. Tim kerja ini antara lain adalah tim jaringan, tim admin, tim pengelolaan sistem dan aplikasi, serta tim pengawas. Untuk BKN Pusat, tim beranggotakan 125 orang. “Ada pun pembentukan tim untuk kantor-kantor regional BKN ditentukan oleh masing-masing Kepala Kanreg,”ujarnya.

Ditandaskan pula bahwa pihaknya juga menyempurnakan sistem CAT dan menyusun Standar, Operasional, dan Prosedur (SOP) tes CPNS berbasis CAT BKN. “Ini merupakan pengejawantahan dedikasi dan kesungguhan BKN agar penerimaan CPNS berlangsung obyektif, transparan, kredibel dan tanpa KKN,”tutunya.

Lebih lanjut Aris Windiyanto mengelaborasi bahwa soal-soal yang diujikan dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) dibuat oleh Konsorsium 17 Perguruan Tinggi Negeri. Ditambahkan pula bahwa soal-soal tersebut masih berada di Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS, dan pengamanannya melibatkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). “Dengan partisipasi aktif semua stakeholders (pihak yang berkepentingan), hanya anak-anak bangsa yang cerdas, berintergritas, serta profesional yang menjadi CPNS,”ungkapnya. (aman-kiswanto)