03
Nov

BKN Berikan KPLB Kepada 9 (Sembilan) Pegawai Kemenkeu

IMGL5928

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani foto bersama 9 orang penerima KPLB (Foto:Kis)

Jakarta-Humas BKN, Selamat kepada pegawai penerima Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) atas prestasi kerjanya, semoga inovasi yang dihasilkan dapat menjadi pemicu bagi rekan-rekan kerja lainnya untuk ikut berprestasi di bidangnya. Ucapan selamat itu disampaikan langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana kepada 9 (Sembilan) pegawai Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI dalam penyerahan simbolis KPLB yang berlangsung Rabu, (02/11) di Gedung Djuanda I Kemenkeu RI Jakarta.

 
Kemenkeu RI sebelumnya mengusulkan 10 (Sepuluh) pegawai yang telah menoreh prestasi kepada BKN, namun hanya 9 (Sembilan) yang akhirnya disetujui. Hal itu dikarenakan dari beberapa tahapan dan prosedur pegawai yang layak menerima KPLB, tidak seluruhnya terpenuhi. Bima menyatakan bahwa penerima KPLB harus melalui 3 (tiga) tahapan, pertama melalui seleksi administrasi termasuk dari penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan tidak pernah terkena sanksi hukuman disiplin. Kedua, melalui expert panel ditentukan pegawai/pejabat yang diusulkan pantas atau tidak masuk dalam kategori penerima KPLB. Ketiga, calon penerima KPLB yang diusulkan melakukan presentasi atas karya dan inovasi di bidangnya.

 
Selain itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani juga memberikan apresiasi kepada pegawai/pejabat penerima KPLB. Menurutnya, prestasi yang ditorehkan seorang pegawai/pejabat menggambarkan keinginannya untuk berbuat lebih dan menunjukkan kecintaannya terhadap perkerjaanya. Sri Mulyani berpesan bahwa memang birokrat sebagai abdi negara harus bekerja dengan passion, berkerja untuk tujuan yang mulia, memberikan kontribusi kepada Negara.

 
“Suatu institusi pemerintah yang gagal untuk berubah dan bahkan gagal untuk melihat perubahan pasti akan punah dan binasa, untuk itu institusi pemerintah harus mengalami perubahan setiap harinya, kita harus selalu menanamkan sikap inovatif dan keinginan untuk belajar menyiapkan perubahan, tugas kita bukan hanya membuat institusi berdiri dan sekedar ada, tetapi bersama-sama membangun Indonesia menjadi negara yang bermartabat di mata dunia,” pesannya. (des)

Daftar Penerima KPLB Kementerian Keuangan

No Nama/NIP Unit Kerja Prestasi Penghargaan
1 Muhammad Fajri Natsir Kanwil DJPB Prov. Gorontalo Mengembangkan aplikasi Profile Satker, aplikasi ini kemudian dikembangkan untuk digunakan secara nasional sebagai alat pengawasan kinerja satuan kerja (Satker) dalam hal pengelolaan keuangannya. KPLB menjadi III/a, TMT 1 Oktober 2017
2 Siswanto Direktorat Sistem Informasi & Teknologi Perbendaharaan Mengembangkan aplikasi SAS (SPP, SPM, Bendahara, Renkas, RPD, RKA-KL/DPA, PIN, dan Konversi) yang digunakan oleh semua satker se-Indonesia sebagai aplikasi pengelolaan keuangan KPLB menjadi IV/b, TMT 1 Oktober 2017
3 Pirhot Hutauruk Direktorat Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Mengembangkan website statistik keuangan pemerintah (Government Financial Statistic) yang digunakan sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan pemerintah. KPLB menjadi III/a, TMT 1 April 2017
4 Hanafi Firdaus Sekretariat Ditjen Perbendaharaan Mengembangkan & mencipatkan aplikasi PbnOpen yang memberikan data kompherensif kepegawaian seluruh pegawai Ditjen Perbendaharaan. KPLB menjadi III/c, TMT menjadi 1 Oktober 2016.
5 Sabar Sautomo Direktorat Pelaksanaan Anggaran Mengembangkan sistem informasi terpadu Satker secara online yang dapat memberikan informasi mengenai kinerja keuangan setiap Satker. KPLB menjadi III/a, TMT 1 Oktober 2016.
6 Mahmud Kanwil DJPB Prov. DKI Jakarta Membuat Dashboard MPN G2 yang menjadi Top 35 Sinovik 2016. KPLB menjadi III/d, TMT 1 Oktober 2016.
7 M Iqbal Anshori Direktorat Sistem Informasi & Teknologi Perbendaharaan Mengembangkan aplikasi OM-SPAN yang digunakan Satker K/L dalam melakukan monitoring penyelesaian pencarian dana APBN. KPLB menjadi II/d, TMT 1 Oktober 2016.
8 Arry Dekky Hananto Direktorat Sistem Manajemen Investasi Menyusun proses bisnis Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang digunakan dalam pengelolaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KPLB menjadi III/d, TMT 1 Oktober 2016.
9 Sarimin Direktorat Pengolahan Kas Negara Membuat aplikasi Modul Rekening Pemerintah yang digunakan untuk menatausahakan semua rekening pemerintah yang dimiliki Satker se-Indonesia. KPLB menjadi III/c, TMT 1 Oktober 2016.