23
Okt

BKN dan LAN Lakukan MoU Pertukaran dan Pemanfaatan Data ASN

Jakarta – Humas BKN, Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama Pertukaran dan Pemanfaatan Data Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi ASN (SIPKA) antara Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) berlangsung pada Selasa (22/10/2019) di Kantor LAN, Jakarta.

Kepala LAN, Adi Suryanto mengatakan SIPKA dapat dimanfaatkan sebagai instrumen bagi instansi pemerintah, ASN, dan lembaga pendidikan pelatihan ASN untuk merencanakan pengembangan kompetensi, manajemen pengembangan kompetensi, akreditasi lembaga pendidikan pelatihan dan penghitungan pemenuhan hak pengembangan kompetensi di seluruh instansi pemerintah. “Harapannya, data dalam SIPKA akan melengkapi dan menyempurnakan data ASN nasional yang sudah terintegrasi,” ujarnya.

Di saat yang sama, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan pentingnya data sebagai dasar bagi pemerintah dalam rangka merumuskan dan mengambil kebijakan. “Kecenderungan saat ini, sering kali kebijakan dibuat berdasarkan persepsi, itu yang tidak boleh,” katanya. Oleh sebab itu, Bima mendukung kegiatan kerja sama ini dan berharap data ASN nasional semakin lengkap. “Single data ASN yang lengkap bisa dimanfaatkan pengelola kepegawaian untuk melakukan manajemen ASN secara maksimal,” tandasnya. ber/ron/gio