15
Nov

BKN Evaluasi Penanganan Pengaduan Masyarakat

Jakarta-Humas BKN, Lebih dari setahun, tepatnya pada 2014 BKN telah menggunakan Aplikasi Lapor untuk melayani pengaduan masyarakat atas pelayanan yang dilakukan. Dengan satu kantor pusat dan 14 kantor regional yang tersebar di berbagai provinsi, BKN telah menerima 1.845 pengaduan dan tidak semua dapat ditanggapai sesuai dengan prosedur yang berlaku. Guna menyamakan sikap dan menegaskan kembali tentang pentingnya pelayanan tanggapan pengaduan yang ada, Biro Humas BKN melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Pengelola Pengaduan Masyarakat, Selasa (15/11/2016). Rakor yang dibuka oleh Sekretaris Utama BKN ini diikuti oleh para pengelola pengaduan masyarakat baik pusat maupun kantor regional. Dengan penggunaan Aplikasi Lapor, pengaduan bisa terdata dan pengawasan atas tanggapan lebih bisa dipantau oleh pimpinan.

pengaduan 3

para peserta mengikuti jalannya acara.

Dalam pembukaannya, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menegaskan bahwa pengaduan masyarakat menjadi sarana melihat dan mengevaluasi layanan yang diberikan oleh BKN sekaligus sebagai salah satu pelayanan publik. Oleh karena itu, Sekretaris Utama memerintahkan  kepada seluruh pejabat yang bertanggung jawab dapat menanggapi pengaduan secepatnya.

inspektur BKN, Andrayati sebagai narasumber

Inspektur BKN, Andrayati sebagai narasumber dalam acara pengaduan masyarakat.

Sementara itu, pada sesi kedua, inspektur BKN Andrayati menyampaikan bahwa pengaduan merupakan kontrol masyarakat  yang disampaikan kepada pemerintah. Lebih lanjut Inspektur BKN menegaskan bahwa pelayanan buruk yang diberikan akan berdampak pada ketidakpuasan dari para pelanggan dan hal ini akan terus diawasi dan dipantau oleh inspektorat. “Kami akan melihat dan memantau  siapa-siapa yang memberi pelayanan yang baik dan siapa yang memberikan pelayanan yang buruk,” tegas Inspektur BKN. Dalam hal pelayanan yang diberikan, BKN telah mendapatkan penilaian yang meningkat oleh BPKP dari level satu telah beranjak ke level 2,85. Hal ini, tambah Inspektur BKN, merupakan hasil dari komitmen dan koordinasi serta kerja sama yang telah dibangun hingga saat ini. Di akhir acara, Inspektur BKN berpesan bahwa pelaksanaan fungsi Inspektorat jangan hanya dilihat sebagai pengawasan, tetapi juga merupakan bentuk kerja sama demi kemajuan BKN. fhu