skip to Main Content

BKN Gandeng LAN Gelar Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional Analis Kebijakan

Jakarta-Humas BKN, Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Jabatan Fungsional Analis Kebijakan yang di laksanakan secara daring pada Selasa (20/01/21) bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan diikuti oleh seluruh pejabat fungsional Analis Kebijakan di BKN.

Imas mengatakan, jabatan fungsional Analis kebijakan merupakan jabatan prestisius yang kehadirannya diharapakan dapat berkontribusi positif dalam menyelesaikan masalah-masalah publik.
“Harapannya melalui Bimtek ini, BKN – LAN dapat menyamakan persepsi mengenai JF Analis Kebijakan termasuk dalam bagaimana pengumpulan serta penilaian Angka Kredit (AK) JF tersebut”.

Dalam acara yang sama, Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN Elly Fatimah menjelaskan yang melatar belakangi pembentukan JF Analis Kebijakan karena kebijakan-kebijakan yang ada saat ini masih banyak yang tidak sinkron, multitafsir, inkonsisten dan kurang dapat diimplementasikan. Elly memaparkan bahwa berdasarkan data milik LAN per November 2020, jumlah keseluruhan Analis Kebijakan di seluruh Indonesia yakni 828 dan data terbanyak tercatat ada di Instansi Pusat, “Data ini belum termasuk data Analis Kebijakan hasil pengalihan dalam program penyederhanaan birokrasi, karena belum semua instansi melaporkan ke kami,” ujarnya.

Angit Kristina selaku Analis Kebijakan LAN menjelaskan dengan adanya dasar Hukum Permenpan dan RB No. 45 Tahun 2013 tentang JF Analis Kebijakan dan Angka Kreditnya dan Peraturan Kepala LAN RI No. 27 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dan Penilaian Kualitas Hasil Kerja Analis Kebijakan dapat dengan mudah mengetahui butir-butir kegiatan beserta penilaiannya sehingga dalam pengumpulan AK yang wajib dilaksanakan 1 Tahun sekali tidak ditemui hambatan.

Pada akhir acara, Samsiana Sappari, Analis Kepegawaian Madya mewakili Kepala Biro Sumber Daya Manusia BKN, Diah Kusuma Ismuwardani mengatakan acara ini diharapkan akan memberi pencerahan bagi JF Analis Kebijakan sehingga dapat mendorong hadirnya outcome kinerja yang mendukung tujuan organisasi BKN. dey

Back To Top