03
Mei

BKN Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pegawai

Foto :Adon

Jakarta- Humas BKN, Dalam rangka memperingati HUT ke-70, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Pekan Kesehatan yang diselenggarakan sejak 30 April hingga 7 mei 2018 mendatang. Acara yang mengusung tema “Pengendalian Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) di Tempat Kerja” merupakan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM di tempat kerja rujukan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Program ini bertujuan meningkatkan kesehatan pekerja dengan menurunkan risiko individu yang berhubungan dengan perilaku merokok, kurang aktivitas fisik, kurang konsumsi sayur dan buah, konsumsi gula, garam dan lemak berlebih, konsumsi minuman beralkohol dan stres.
Septi Indarsih, salah satu dokter penanggungjawab pada Poliklinik BKN menjelaskan bahwa PTM, bersifat degeneratif (kronis). Proses perjalanan penyakitnya membutuhkan waktu yang lama. Beberapa contoh PTM di antaranya adalah hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus, gagal ginjal kronik, asma, kanker dll.
“Namun kita dapat mengendalikan faktor risiko PTM melalui beberapa cara yaitu dengan cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik dan olahraga, diet sehat kalori seimbang, istirahat yang cukup dan kendalikan stres,” ungkap septi saat ditemui di Poliklinik BKN pada Kamis (03/05/2018).

Dalam pekan kesehatan ini, pegawai BKN mendapat sejumlah layanan pemeriksaan seperti cek kadar gula darah, kolesterol, asam urat, tekanan darah. “Untuk donor darah rencananya akan digelar pada tanggal 15 Mei 2018 mendatang”. iin/don/des