24
Mar

BKN Gelar Rakor dan Workshop Wasdal Manajemen ASN di Provinsi Gorontalo

Gorontalo-Humas BKN, Dalam penyelenggaraan, pelaksanaan dan pembinaan pembangunan, fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan motor penggerak yang menarik  gerbong organisasi dan tata kerja  agar dinamis untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat. Terlebih lagi saat ini kita disibukkan dengan pemilihan kepala daerah(Pilkada) yang sangat mungkin bersinggungan dengan ASN, yang sangat berkaitan dengan  korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) agar benar-benar mampu mengembalikan marwah ASN agar dapat menjadikan ASN benar-benar menjadi abdi Negara, abdi bangsa dan abdi masyarakat. Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur Idris Rahim saat memberi sambutan atas penandatanganan perjanjian pinjam pakai sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian Manajemen ASN di wilayah kerja Kanreg XI BKN Manado, Senin-Rabu (21-23/03/2016). Pada kesempatan itu juga Wakil Gubernur Gorontalo juga berharap agar Rakor dapat menghasilkan berbagai rekomendasi-rekomendasi terkait bagaimana ASN yang sebenarnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Kantor Regional XI BKN Manado English Nainggolan menjelaskan bahwa kegiatan Rakor Wasdal ini merupakan kegiatan Kedeputian Bidang Wasdal. Lebih lanjut Kepala Kanreg XI BKN menyampaikan bahwa pentingnya komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam membantu kelancaran menajemen ASN di daerah untuk mewujudkan sinergitas menjadikan pengelolaan kepegawaian menjadi lebih baik lagi. Adapun tujuan Rakor ini adalah tercapainya keselarasan Wasdal Manajemen ASN, menurunkan tingkat pelanggaran dan penyelenggaraan manajemen ASN serta dihasilkannya konsep kebijakan teknis dan rekomendasi norma, standar, prosedur dan kriteria Wasdal penyelenggaraan manajemen ASN. Rakor wasdal ini juga bertujuan agar dapat memperkenalkan adat dan budaya di Provinsi Gorontalo kepada masyarakat yang lebih luas serta meningkatkan jiwa korps dan nasionalisme ASN.

Sementara itu, disela-sela Rakor, Direktur Pengawasan dan Pengendalian Bidang Kepangkatan, Pengangkatan dan Pemberhentian Dalam Jabatan Tauchid Djatmiko menjelaskan bahwa tema Rakor Wasdal Manajemen ASN ini adalah : Melalui Rakor dan Workshop Pengawasan dan Pengendalian Manajemen ASN Kita Wujudkan Efektivitas Sistem Pengawasan dan Pengendalian (Siswadal) dan Early Warning System dalam rangka menurunkan tingkat pelanggaran pelaksanaan Manajemen ASN. Kegiatan Rakor ini diikuti oleh seluruh pemerintah provinsi, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten dari Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Maluku Utara. Para peserta Rakor dan Workshop Wasdal ini mendapatkan pemaparan materi dari Kepala BKN, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian dan beberapa pejabat tinggi pratama di lingkungan BKN. fhu