07
Mar

BKN Ingatkan Potensi Penipuan pada Penerimaan Calon Siswa/i Sekolah Kedinasan K/L

Jakarta-Humas BKN, Sejak digulirkannya pengumuman penerimaan calon siswa/i – taruna/i pada Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga Pendidikan Kedinasan melalui Pengumuman Panita Seleksi Nasional (Panselnas) Nomor 132/S.SM.01.00/2017, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat pada Biro Humas BKN, Herman mengingatkan terhadap potensi adanya oknum tertentu yang memanfaatkan proses penerimaan ini untuk melakukan tindak penipuan.

“Tindak penipuan yang dilakukan bisa berupa iming-iming yang mengatasnamakan instansi tertentu dengan menjanjikan jaminan untuk lulus seleksi dengan syarat sejumlah uang,” ungkap Herman.

Untuk itu lanjut Herman, BKN selaku Panselnas dalam seleksi calon siswa/i – taruna/i pada Lembaga Pendidikan Kedinasan K/L Tahun 2017 mengingatkan masyarakat, khususnya para orang tua calon peserta seleksi untuk mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, yakni hanya melakukan pendaftaran melalui www.panselnas.id

“Jangan pernah percaya terhadap kelompok/orang yang mengaku bisa menjamin kelulusan dengan syarat sejumlah uang, seleksi dilakukan secara transparan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN), dengan biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,- sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada BKN,” papar Herman. (des)