10
Feb

BKN Kembali Pertahankan Peringkat Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik

IMGL6760 copy

Plakat Penghargaan Peringkat I Kementerian Negara/Lembaga dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2015 dari Kementerian Keuangan RI, Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (Doc : HumasBKN 2016)

Jakarta-Humas BKN, Masih di awal tahun 2016, BKN kembali memperoleh pengakuan dari  Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Kementerian Keuangan RI sebagai peringkat pertama Kementerian Negara/Lembaga dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2015.  BKN menjadi peringkat pertama diantara 87 instansi pemerintah kementerian/lembaga dengan penyerapan anggaran terbaik pada tahun 2015. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo yang diterima langsung oleh Kepala Biro Keuangan BKN Imas Sukmariah pada acara Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun Anggaran 2015, Selasa (9/2/2016).

Sebelumnya, BKN juga telah mendapat penghargaan peringkat pertama sebagai instansi dengan penyerapan anggaran terbaik pada semester I tahun 2015. Pengukuran kinerja pelaksanaan anggaran didasarkan pada aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan, kepatuhan terhadap regulasi, serta efektivitas pelaksanaan kegiatan. Rincian variabel pengukuran kinerja menggunakan 12 indikator, yakni : penyerapan anggaran (25%), pengelolaan UP (15%),  penyelesaian tagihan (13%), Deviasi Hal III DIPA (11%), Data Kontrak (5%), LPJ Bendahara (5%), Revisi DIPA (5%), Pengembalian/Kesalahan SPM (5%), retur SP2D (5%), Dispensasi SPM (4%), Deviasi Renkas/RPD Harian (4%), serta Pagu Minus (3%). Dengan dipertahankannya peringkat pertama ini, maka BKN secara resmi telah diakui memiliki kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, patuh atas regulasi yang digunakan serta memiliki efektivitas dalam melaksanakan kegiatannya.

Adapun urutan 10 instansi yang mendapat predikat Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2015 adalah :

  1. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
  2. Badan SAR Nasional
  3. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten)
  4. Mahkamah Agung (MA)
  5. Kementerian Keuangan
  6. Radio Republik Indonesia (RRI)
  7. Badan Standardisasi Nasional (BSN)
  8. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
  9. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  10. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Selain prestasi ini, BKN pada tahun 2015 juga mendapat peringkat I kategori Utilisasi Barang Milik Negara (BMN). Prestasi yang telah diraih semoga bisa dipertahankan sekaligus sebagai motivasi untuk meraih predikat terbaik dari Kementerian lainnya yang hingga saat ini BKN belum mendapatkan predikat yang memuaskan. fuad