18
Jul

BKN Lakukan Amortisasi Aset Tak Berwujud

Jakarta-Humas BKN, Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) RI Nomor 251/PMK.06/2015 tentang cara amortisasi barang milik negara berupa aset tak berwujud pada entitas pemerintah pusat dan Surat Keputusan Menkeu RI Nomor 620/  KM.6/2015 tentang masa manfaat dalam rangka amortisasi barang milik negara berupa aset tak berwujud pada entitas pemerintah pusat, BKN membentuk tim penyusunan rencana untuk inventarisasi seluruh aset tek berwujud yang masih digunakan baik di Kantor Pusat BKN dan seluruh Kantor Regional BKN.

Dalam PMK 251/PMK.06/2015 pasal 1 dijelaskan Amortisasi Barang Milik Negara berupa Aset Tak Berwujud, yang selanjutnya disebut Amortisasi, adalah alokasi harga perolehan Aset Tak Berwujud secara sistematis dan rasional selama masa manfaatnya, yang hanya dapat diterapkan atas Aset Tak Berwujud yang memiliki masa manfaat terbatas.

Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menyampaikan bahwa kebijakan amortisasi akan dilaksanakan melalui dua tahapan utama. Pertama, melakukan inventarisasi aset tak berwujud, khususnya aset yang bersumber dari pembiayaan APBN. Kedua, BKN akan lakukan penilaian terhadap aset yang akan diamortisasi dengan pengurangan aktifa barang yang tidak berwujud dengan memperhatikan manfaat dan umur ekonomisnya.

“Sebelum melaksanakan kebijakan amortisasi, kita harus memperhatikan pengurangan atau penyusutan nilai aset yang akan diamortisasi, bahkan bisa kita lakukan penghapusan jika nilai ekonomis aset tersebut tidak  ada,” imbaunya dalam Rapat Amortisasi Barang Milik Negara Berupa Aset Tak Berwujud yang berlangsung Jumat, (15/7) di Kantor Pusat BKN Jakarta. (des)