29
Nov

BKN Lakukan Evaluasi dan Siapkan Strategi untuk Perbaikan RB Internal Instansi

Jakarta-Humas BKN, Mencermati kondisi proses reformasi birokrasi yang dilaksanakan di BKN serta hasil dari penilaian tim Reformasi Birokrasi Nasional tahun 2015, BKN merasa perlu untuk membentuk unit tersendiri yang memiliki tugas untuk mengurusi pelaksanaan RB di BKN. Hal tersebut menjadi masukan dari para peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Reformasi Birokrasi Badan Kepegawaian Negara, Senin (28/11/2016). Rakor yang dibuka oleh Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti  dan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi BKN ini diikuti oleh Pejabat Pimpinn Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, baik para Direktur, Kepala Pusat, ataupun Kepala Kantor Regional BKN, serta para administrator dan pengawas serta undangan yang memang bertanggung jawab dalam pelaksanaan reformasi birokrasi BKN.
rakor RB 1
Dalam pemarapan tentang evaluasi RB di BKN, Sekretaris Utama BKN menyoroti hasil penilaian di BKN dimana masih ada penilaian dengan skor yang rendah dan perlu untuk diperbaiki. Keempat hal tersebut adalah Manajemen Perubahan, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.  Dengan komitmen bersama untuk meningkatkan keempat hal tersebut, Sekretaris Utama BKN berharap ada peningkatan penilaian RB BKN dari 61,02 di tahun 2015 menjadi lebih tinggi di tahun 2016.
rakor RB 2
Pada kesempatan itu Sekretraris Utama BKN juga melakukan evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) BKN yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2014, SAKIP BKN mendapatkan penilaian B dengan nilai 65,07, sedangkan di tahun 2015 BKN hanya mendapatkan penilaian CC dengan nilai 58,54. Untuk memperbaiki penilaian SAKIP, BKN akan melaksanakan rekomendasi hasil penilaian SAKIP yang meliputi Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Evaluasi Internal dan Pelaporan Kinerja.
Rakor yang dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa (18-29/11/2016) ini juga membahas terkait Sosialisasi Road Map RB BKN 2015-2019, Strategi Percepatan Pelaksanaan RB BKN, serta Optimalisasi Peran Agen Perubahan dalam Pelaksanaan RB BKN. fhu