01
Nov

BKN Leading Sector Penerapan Sistem Berbagi Pakai Manajemen Kepegawaian Berbasis SPBE

Jakarta – Humas BKN, Tim pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melibatkan pakar e-Government dari akademisi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), Dana Indra Sensuse, Ir., MLIS, Ph.D. dalam rangka asistensi realisasi SPBE di Kantor Pusat BKN Jakarta, Jumat (1/11/2019). Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Bajoe Loedi yang memimpin rapat pembahasan memaparkan sejumlah target realisasi SPBE yang menjadi tanggung jawab BKN.

“Kita ingin nilai-nilai SPBE yang ditargetkan Pemerintah kepada BKN dapat direalisasikan, intinya program kerja BKN yang berkaitan dengan SPBE dapat tersampaikan manfaatnya ke publik,” tutur Bayu. Menanggapi itu, akademisi UI Dana Indra menyinggung tentang arahan Presiden tentang penerapan SPBE di lingkungan instansi pemerintah. Menurutnya, layanan di suatu organisasi mencakup dua aspek, yakni layanan internal instansi dan layanan publik. Implementasi SPBE akan berdampak terhadap efisensi dan efektivitas pelayanan publik.

Akademisi UI itu mengungkapkan banyaknya aplikasi di instansi pemerintah dengan fungsi yang hampir sama memunculkan isu perlunya dibangun aplikasi berbagai pakai. Untuk urusan kepegawaian memang sudah semestinya BKN yang menjadi leading sector. “Fitur-fitur di Sistem Aplikasi Layanan Kepegawaian (SAPK) yang dikelola BKN harus bisa menyajikan sistem aplikasi berbagai pakai oleh semua instansi. Idealnya setiap instansi yang menjadi leading sector di bidangnya memiliki aplikasi umum yang digunakan sebagai sistem berbagi pakai,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini secara detil dilakukan pembahasan masing-masing item penerapan SPBE, termasuk saran perbaikan untuk meningkatkan nilai indeks penerapan SPBE di BKN. Dana juga menjelaskan indikator pengukuran penerapan SPBE di lingkup instansi pemerintah, beberapa di antaranya seperti aspek kebijakan internal SPBE; kelembagaan; strategi dan perencanaan; teknologi informasi; layanan administrasi SPBE; dan aspek layanan publik berbasis SPBE yang ada di BKN. des/made