12
Sep

BKN Meraih Opini WTP Lima Tahun Beruntun

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lima tahun berturut-turut (2009, 2010, 2011, 2012 dan 2013). Hal ini merupakan bukti BKN terus meningkatkan performance (kinerja) dan layanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi. Piagam Opini WTP ini diserahkan Wakil Presdien Boediono kepada sejumlah kementerian dan lembaga diterima di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (12/9). Penghargaan Opini WTP ini diterima langsung Kepala BKN Eko Sutrisno.

DSC_0015 - Copy

Kepala BKN Eko Sutrisno (kanan) menerima penghargaan Opini WTP yang diserahkan Wakil Presiden Boediono

Dalam arahannya, Boediono menegaskan bahwa Opini WTP bukanlah tujuan akhir, melainkan sasran antara, instansi pemerintah. “Untuk itu, instansi pemerintah perlu terus meningkatkan kinerjanya, dan melakukan perbaikan di segenap aspek pelayanan, termasuk meningkatkan kualitas laporan keuangan,”ujarnya.

DSC_0294 - Copy

BKN menerima Penghargaan Opini WTP lima tahun secara beruntun

Opini WTP adalah capaian standar tertinggidalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Opini BPK RI atas laporan keuangan sepenuhnya ditentukan oleh komitmen, disiplin, dan partisipasi aktif dari seluruh pimpinan dan pegawai kementerian/lembaga dalam menjalankan Sistem Pengendalian Intern (SPI) secara efektif, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan penyusunan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan untuk membenahi sistem akuntansi dan pelaporan keuangan. (aman-kiswanto)