29
Okt

BKN Perdalam Penyelenggaraan SPIP dengan Gelar Sosialisasi Maturitas dan RTP

Jakarta-Humas BKN, Akuntabilitas menjadi sebuah kewajiban yang dibebankan kepada seluruh instansi pemerintah kepada publik selaku pemberi amanah. Pengelolaan pertanggungjawaban ini hendaklah dapat disampaikan oleh masyarakat selaku pemberi amanat kepada para pengelola pemerintahan. Hadirnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi upaya untek mewujudkan good governance dan clean government. Luasnya pembahasan SPIP menjadikan perlunya pembahasan khusus berbagai item yang menjadi bagian dari SPIP. Oleh karena itu, BKN menyelenggarakan Sosialisasi Maturity Level dan Bimbingan Teknis Rencana Tindak Pengendalian SPIP di BKN dengan menghadirkan Pembicara Kepala Sub Direktorat 1 Direktorat Polsoskam Lainnya pada Kedeputian Polhukam PMK BPKP Andy Revi Rohadian, Auditor Muda BPKP Agnes Supriyati dan Iwan Heriyanto.

Pada acara itu, Andy memaparkan bahwa tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan atau kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP. Adanya penilain tingkat maturitas ini bertujuan untuk mengukur kualitas penyelenggaraan SPIP sekaligus memberi rekomendasi begi peningkatan kualitas penyelenggaraan SPIP instansi terkait.

Pada acara sosialisasi ini juga diberikan pemaparan tentang penyusunan rencana tindak pengendalian (RTP), tahap persiapandan tahap penyusunan maturitas, dan mekanisme penilaian tingkat maturitas SPIP. Level maturitas sendiri terdiri dari enam tingkat dari tingkat 0 untuk instansi yang belum sama sekali memiliki kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk melaksanakan praktek-praktek pengendalian intern, hingga tingkat 5 atau optimum dimana instansi telah menerapkan pengendalian intern yang berkelanjutan, terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan yang didukung oleh pemantauan otomatis menggunakan aplikasi computer. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para auditor BKN serta perwakilan unit tingkat eselon II di lingkungan Kantor Pusat BKN Jakarta. fuad