01
Feb

BKN Persiapkan Gelar Assessment Kandidat Talent Pool 2016

DSC_0185

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi ASN, Paryono (foto:Mia)

Jakarta-Humas BKN, Kepala Bidang Pengembangan Standar Penilaian Kompetensi BKN, Paryono mengatakan saat ini BKN melalui unit Assessment Center sedang mempersiapkan Penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2016. Rencananya penyusunan talent pool akan dilakukan pada Juni/Juli 2016 dengan membidik 1300 aparatur sipil negara (ASN) dengan jabatan administrator yang memenuhi kualifikasi JPT, dan yang saat ini telah berstatus sebagai JPT Pratama. Pernyataan itu disampaikan Paryono kepada tim humas BKN, Senin (1/2/2016).

Proses kegiatan penyusunan Talent Pool JPT secara global direncanakan berlangsung dalam 5 tahun, mulai tahun 2015 s.d 2019. Untuk tahun 2015, telah diselenggarakan 8 (delapan) angkatan yang penyelenggaraannya berlangsung pada periode Agustus s.d Oktober 2015 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN di Ciawi, Jawa Barat. Total peserta berjumlah 1023 orang.

Talent Pool JPT adalah sebuah program yang membangun serta mengembangkan kelompok kandidat yang memenuhi persyaratan jabatan, yang memiliki minat mengisi posisi JPT, terlibat secara berkelanjutan untuk meniti karir sebagai ASN dan sukses menyelenggarakan fungsi Pemerintahan dan Negara. Talent Pool dibentuk guna mendapatkan profil pimpinan tinggi yang potensial sehingga dapat menjadi dasar untuk melakukan penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader birokrat yang potensial. Talent Pool merupakan jawaban atas kondisi di berbagai K/L/Pemda yang posisi JPT-nya masih kosong atau belum terisi sesuai kompetensi. Ketidaktersediaan JPT jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan terganggunya fungsi pelaksanaan pemerintahan dan Negara secara nasional.

Sebelumnya, sebagai salah satu persiapan menuju pelaksanaan penyusunan Talent Pool 2016, Unit Assessment Center BKN bekerja sama dengan GIZ menggelar lokakarya Strategi Talent Management Jabatan Pimpinan Tinggi, pada 26-27 Januari 2016, di Zest Hotel, Bogor. Dalam kegiatan tersebut dibahas sejumlah hal di antaranya mengenai konsep talent management jabatan pimpinan tinggi nasional (JPTN). Dalam pertemuan tersebut mengemuka sejumlah strategi talent development dan talent retention bagi peserta talent pool 2016. dep