28
Agst

BKN Poros Penggerak Reformasi Birokrasi Bidang Manajemen Kepegawaian

Makassar-Humas BKN, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana membuka acara Background Study Rencana Strategik BKN 2020-2024 dan Evaluasi Rencana Strategik BKN 2015-2019, Selasa-Jumat (28-31/8/2018) d Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan. Acara tersebut dihadiri perwakilan seluruh Kantor Regional BKN dan pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) BKN Pusat. Dalam acara itu digelar diskusi panel yang diisi paparan sejumlah pembicara di antaranya Sekretaris Deputi Bidang RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Didit Nurdiatmoko dan Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Bappenas, Slamet Soedarsono dan dimoderatori oleh Janry Haposan UPS.

Pada kesempatan itu Didit Nurdiatmoko mengatakan BKN merupakan poros penggerak reformasi birokrasi di bidang manajemen kepegawaian. “Salah satu produk BKN yang menjadi bukti pelaksanaan reformasi birokrasi adalah transparansi dalam rekrutmen CPNS dan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi”. Didit melanjutkan BKN memiliki peran strategis dalam wujudkan roadmap 2020-2024 yakni birokrasi yang memiliki daya saing kelas dunia. “Realisasi roadmap dapat dilakukan BKN di antaranya dengan mewujudkn layanan yg simple dan terintegrasi, kualitas ASN yang semakin baik serta jalankan organisasi berbasis kinerja”.

Di bagian lain Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Bappenas mengatakan arah kebijakan dalam kerangka Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 Bidang Aparatur Negara mencakup 6 hal yakni :
1. Birokrasi yang bersih dan akuntabel;
2.Birokrasi yang efektif dan efisien;
3.Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas;
4.Birokrasi yang berdaya saing global;
5.Partisipasi publik dalam kebijakan publik yang berkualitas;
6.Birokrasi yang memperkuat persatuan dan kesatuan. Pada kesempatan itu Slamet Soedarsono mengapresiasi BKN sebagai kementerian/lembaga (KL) yang pertama kali menggelar acara Background Study Rencana Strategik Tahun 2020-2024.

Sebelumnya, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana saat menyampaikan sambutan pembukaan acara mengatakan aparat birokrasi harus bisa melihat perubahan yang ada di sekelilingnya dan menyusun strategi untuk beradaptasi. ” Wake up and smell the coffee. Out of the box , lihat perubahan apa yang terjadi di sekeliling kita lalu susun inovasi, strategi untuk menjaga institusi kita tetap bisa survive bahkan leading dalam perubahan yang terjadi. Be open untuk menyisir apa yg bisa kita pertahankan dan apa yang harus kita tinggalkan untuk menjadi lebih baik dan tidak digilas oleh perubahan”. Di bagian lain, Direktur Aparatur Negara Bappenas, Velix Vernando Wanggai yang turut hadir pada kesempatan itu menjelaskan saat ini Kantor Staf Presiden (KSP) dan Bappenas telah menyelesaikan penyusunan Rancangan Peraturan Presiden (RPP) tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik. “Turunan dari regulasi itu nantinya berbagai sistem di birokrasi ini akan terintegrasi dan akan ada one data dalam birokrasi”. dep