skip to Main Content

BKN Raih Peringkat III Kategori Kinerja Terbaik pada Penganugerahan IKPA Award 2020

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali meraih penghargaan peringkat III untuk kategori kinerja terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga pada Penganugerahan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Award Tahun 2020. Penganugerahan ini diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta III, sebagai bentuk apresiasi kepada Satuan Kerja (Satker) KPPN Jakarta III atas kinerja baiknya dalam hal pengelolaan keuangan negara. Penganugerahan ini diberikan secara daring oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta III Arinto Sujatmono, hari Kamis (25/02/2021).

Mewakili Sekretaris Utama BKN, Kepala Biro Keuangan BKN Wahyu mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan kali kedua BKN meraih peringkat pada IKPA Award, Yakni IKPA Award Tahun Anggaran 2019. Wahyu juga mengucapkan terima kasih kepada KPPN Jakarta III atas penilaian dan penghargaan yang telah diberikan, sehingga dapat memotivasi BKN untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. “Mudah-mudahan untuk tahun anggaran 2021, BKN dapat meraih penghargaan peringkat pertama,” ungkap Wahyu.

IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga dari sisi kesesuaikan terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi. Selanjutnya, terdapat 3 aspek yang diukur, yakni aspek perencanaan, aspek pelaksanaan anggaran dan aspek pertanggungjawaban. Dari 3 aspek yang diukur, dikembangkan menjadi 13 indikator yang menjadi penilaian IKPA sesuai reformulasi 2020, yakni: Penyerapan anggaran, data kontrak, penyelesaian tagihan, konfirmasi capaian output, pengelolaan UP dan TUP, revisi DIPA, Deviasi halaman III DIPA, LPJ Bendahara, Renkas, Kesalahan SPM, Retur SP2D, Pagu minus dan dispensasi.

Selanjutnya, pada kategori Kementerian/Lembaga dengan kinerja terbaik ini, peringkat I diraih oleh Kementerian Pertahanan dan peringkat II diraih oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada kesempatan yang sama, diadakan pula launching Inovasi Website KPPN Jakarta III : Betawi ‘Belajar Tanpa Worried’ dan Sosialisasi Mekanisme Pelaporan Capaian Output dan Reformulasi IKPA 2021. nsp/lisa

Back To Top