28
Nov

BKN Siap Dampingi Pengelolaan ASN di Provinsi Papua dan Papua Barat

Bandung-Humas BKN, Kegiatan Pendekatan Pelayanan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (P2K BKN) diprioritaskan pada peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang kepegawaian dan layanan publik. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKN, Supranawa Yusuf dalam kegiatan Evaluasi P2K BKN tahun 2019 yang diselenggarakan di Bandung pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 60 peserta yang merupakan tim P2K BKN tahun 2019 di lingkungan BKN.

Supranawa Yusuf dalam kegiatan Evaluasi P2K BKN tahun 2019 yang diselenggarakan di Bandung pada Rabu (27/11/2019). (foto: ika)

Sestama melanjutkan, BKN sebagai instansi Pembina kepegawaian di Indonesia, memiliki peran strategis untuk melakukan proses pendampingan terhadap pelayanan publik di Provinsi Papua dan Papua Barat. Peran tersebut harus dilakukan oleh ASN sebagai penggerak rantai birokrasi pelayanan publik serta perekat dan pemersatu bangsa, salah satunya melalui kegiatan P2K BKN. “BKN siap melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pengelolaan ASN dalam meningkatkan pelayanan publik di Provinsi Papua dan Papua Barat,” ungkap Sestama.

Kepala Puspenkom, Purwanto menjelaskan bahwa kegiatan P2K BKN tahun 2019 dilaksanakan di 17 Instansi wilayah Papua dan Papua Barat.

Kepala Puspenkom, Purwanto menjelaskan bahwa kegiatan P2K BKN tahun 2019 dilaksanakan di 17 Instansi wilayah Papua dan Papua Barat, melibatkan 136 orang asesor SDM Aparatur dari BKN, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan P2K BKN tersebut tim mengalami beberapa hambatan, salah satunya karena peserta mendapatkan tugas lain dari atasan langsung sehingga mengganggu kegiatan penilaian. “Namun, Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap P2K BKN menunjukkan bahwa rata-rata peserta di 17 Instansi merasa puas dengan perolehan nilai IKM sebesar 3.47 atau 78.94,” ujar Purwanto.

Kegiatan evaluasi yang akan digelar hingga 29 November 2019 ini akan membahas sejumlah materi, di antaranya pembahasan evaluasi pelaksanaan P2K BKN di Wilayah Kerja Kantor Regional XIV BKN Manokwari, Kantor Regional IX BKN Jayapura hingga rencana pelaksanaan kegiatan P2K BKN tahun 2020. kaw