18
Jan

BKN Siapkan Pusat Kontrol Manajemen ASN Berbasis Digital

DSC_0123

I Nyoman Arsa, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN(Foto:Fir)

Jakarta-Humas BKN, Pengembangan Information & Communication Technologies (ICT Master Plan) untuk mendigitalisasi sistem informasi kepegawaian menjadi salah satu target prioritas BKN pada tahun 2017. Hal itu dimulai dengan pembangunan infrastruktur sistem informasi melalui rancang bangun pusat kontrol manajemen kepegawaian ASN (Control Room) yang akan mengakomodir sistem terintegrasi seluruh core business kepegawaian yang dikelola BKN.

Fungsi BKN dalam pengawasan dan pengendalian kepegawaian (wasdalpeg) menjadi salah satu instrumen yang akan diakomodir di dalam sistem. Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN I Nyoman Arsa kepada tim Humas BKN menyampaikan bahwa sistem ini nantinya akan mendukung Whistle Blowing System (WBS), sebagai bentuk digitalisasi pelaksanaan wasdalpeg.

Control room dari sisi wasdalpeg ini nantinya, lanjut I Nyoman akan mengakomodir 2 fitur pengawasan dan pengendalian. Pertama, fitur pengawasan reguler dan fitur pengaduan. Kedua fitur ini kemudian akan memfasilitasi auditor kepegawaian dalam melaksanakan audit investigatif (represif) dan audit reguler (preventif).

Pada bagian akhir, I Nyoman menjelaskan bahwa WBS akan dikembangkan menjadi sistem yang terintegrasi dengan seluruh K/L pusat dan daerah serta lembaga penegak hukum untuk mengoptimalkan fungsi wasdalpeg ke depan. (des)