16
Feb

BKN Tingkatkan Kompetensi Pegawai Melalui Diklat Teknis

12002099_10203347833696574_7296364589521642010_n

Kabag Pengembangan Pegawai Muhlis Irfan

 

Jakarta-Humas BKN, Amanat Undang-Undang no 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara seorang ASN berhak untuk mendapatkan kesempatan meningkatkan kompetensi. Namun demikian, pelaksanaan program pengembangan kompetensi, khususnya di lingkungan BKN  masih menghadapi kendala klasik, yakni anggaran. Dengan jumlah pegawai BKN sekitar 1400 orang, hal ini menjadi tantangan tersendiri pada Bagian Pengembangan pada Biro Kepegawaian BKN. Untuk mengatasi hal itu, Biro Kepegawaian BKN khususnya Bagian Pengembangan melakukan berbagai program diantaranya bekerja sama dengan Pusat Pengembangan ASN BKN dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat).  Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Bagian Pengembangan Pegawai Muhlis Irfan di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan mengirimkan pegawai BKN pada program Diklat Pusat Pengembangan ASN.

Berkaitan dengan program pengembangan pegawai di BKN, Irfan menjelaskan bahwa BKN selama ini telah melakukan dua konsep pengembangan, yakni pengembangan dari sisi karir dan pengembangan dari sisi kapasitas.  Pengembangan karir meliputi pengembangan dari sisi jabatan struktural BKN maupun jabatan fungsional tertentu (JFT) yang keseluruhannya di BKN ada 19 JFT. Sedangkan untuk pengembangan kapasitas pegawai yakni dilakukan dengan program Test of English as a Foreign Language (TOEFL), Leadership and Public Speaking, serta Penuliasan Karya Tulis Ilmiah.

Sementara itu, sebagaimana informasi yang telah diedarkan yang ditandatangani oleh Kepala Biro Kepegawaian BKN untuk menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Pengembangan ASN, BKN akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Manajemen ASN dan Diklatpim III dan IV di lingkungan BKN baik Pusat maupun Regional.  Adapun Diklat Teknis Manajemen ASN terdiri dari :

  1. Diklat Teknis Perencanaan dan Pengadaan ASN,
  2. Diklat Teknis Pengembangan Kompetensi ASN,
  3. Diklat Teknis Penilaian Kinerja dan Kompetensi ASN,
  4. Diklat Teknis Pemberhentian dan Pensiun PNS, dan
  5. Diklat Teknis Etika Profesi dan Disiplin ASN.

Diklat ini akan diselenggarakan pada pertengahan Februari 2016 hingga awal Maret 2016, dengan masing-masing Diklat berdurasi lima hari kerja. Adapun untuk Diklatpim Tk. III dan Diklatpim Tk. IV akan diselenggarakan pada April-Agustus 2016. fuad