30
Mar

BNPB Bangun Kesadaran dan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Jakarta-Humas BKN, Dalam rangka menyosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang akan diperingati pada 26 April 2017 mendatang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas pada Kamis (30/3/2017), di Ruang Serbaguna, Graha BNPB, Jakarta.

 Acara yang dihadiri praktisi humas berbagai kementerian dan lembaga, termasuk tim humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), BNPB mengusung tema Membangun Kesadaran dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana.Tema tersebut dipilih terkait kecenderungan bencana yang terjadi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dampak yang ditimbulkan oleh bencana pun semakin kompleks dan multidimensional yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi bisnis serta kelestarian lingkungan.

 Program rehabilitasi pascabencana yang tidak seimbang dengan dampak yg ditimbulkan akibat dari bencana tersebut menjadi kendala dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Willem Rampangilei selaku Kepala BNPB saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara tersebut.

“Penanggulangan bencana is everyone social bussiness, diharapkan kepedulian serta  naluri dari masyarakat _to save more life,” kata Willem.

Kepala BNPB pada kesempatan itu juga mengatakan forum tematik Bakohumas dapat digunakan sebagai tools yang strategis untuk membangun kesetiakawanan sosial, gotong royong serta kepedulian masyarakat atas kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Sementara itu, Dirjen Komunikasi  dan Informasi Publik Kemenkominfo Rosalita Niken Widiastuti mengatakan seluruh Government Public Relations (GPR) Humas Pemerintah harus lebih proaktif bersama-sama membangun sinergitas dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kewaspadaan, kesiapsiagaan serta kepedulian akan penanggulangan bencana, melalui berbagai media yang dimiliki oleh masing-masing instansi/ lembaga, termasuk media sosial. (win/mik)