27
Jun

Calon Siswa Poltekip dan AIM Tahun 2016 Jalani Seleksi TKD Menggunakan CAT BKN

Jakarta-Humas BKN, Sebanyak 2.711 peserta seleksai calon siswa ikatan dinas Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan juga Akademi Imigrasi (AIM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memulai melaksanakan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) menggunakan Computer Assissted Test (CAT), Senin (27/6/2016). Jumlah tersebut terdiri dari peserta seleksi Poltekip sebanyak 1.144 peserta, dan untuk AIM sebanyak 1.567 peserta. Ditemui saat memantau jalannya seleksi, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham M. Arifin menjelaskan bahwa seleksi menggunakan CAT BKN merupakan seleksi tahap  ketiga setelah sebelumnya dilakukan seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi pengecekan tinggi badan dan berat badan. Usai melaksanakan tes CAT BKN, peserta yang lolos akan menjalani rangkaian tes berikutnya yakni kesamaptaan, kesehatan, psikotes, wawancara sekaligus pemantauan fisik dan keterampilan.

Arifin menambahkan bahwa penggunaan seleksi menggunakan CAT BKN ini merupakan seleksi keempat kalinya sejak 2013. Berkaitan dengan jumlah formasi yang tersedia, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham ini menjelaskan bahwa pada tahun 2016 formasi yang disediakan adalah 130 formasi untuk masing-masing sekolah, atau naik dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya 65 formasi. Selain jumlah formasi yang ditambah, teknis penerimaan pada tahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana saat ini pendaftaran terpusat di Kementerian PAN-RB serentak dengan sekolah ikatan dinas yang lain. Hal ini sebagai upaya untuk pemerataan sehingga peserta hanya bisa melamar satu sekolah dan tidak bisa melamar ke sekolah ikatan dinas yang lain. Berdasarkan informasi yang disampaikan juga, jumlah pendaftar awal untuk kedua sekolah ikatan dinas ini berjumlah delapan ribuan sebelum dilakukan seleksi administrasi dan pengukuran tinggi dan berat badan.

Pelaksanaan seleksi TKD menggunakan CAT BKN ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Untuk Poltekip dilakukan di Stasiun CAT Kantor Pusat BKN yang dilaksanakan selama tiga hari (27-29/6/2016). Sedangkan untuk AIM, tes dilaksanakan di Kantor Regional V BKN Jakarta di Ciracas yang digelar selama empat hari (27-30/6/2016).  Hasil final seleksi ini direncanakan akan diumumkan pada 15 Agustus 2016 oleh Biro Kepegawaian Kemenkumham yang kemudian akan diteruskan  ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham. fhu