25
Jun

CAT BKN, Independen Menakar Kompetensi

Seleksi JPT, Tiga Kali ANRI Manfaatkan CAT BKN

 

Jakarta-Humas BKN, Untuk ketiga kalinya, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali mempercayakan dan memanfaatkan Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) untuk Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan ANRI. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa CAT BKN merupakan metode yang independen dan akurat dalam menakar kompetensi seseorang secara obyektif dan transparan. Hal ini ditandaskan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Dini Saraswati kepada Biro Humas BKN saat memantau Tes Kandidat JPT untuk Sekretaris Utama ANRI, di gedung CAT BKN Pusat Jakarta, Kamis (25/6). Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Aris Windiyanto.

Dini Saraswati lebih lanjut menguraikan bahwa ANRI menggunakan CAT BKN untuk JPT pratama sebanyak sekali, dan untuk JPT madya sebanyak dua kali. Beliau pun mengutarakan bahwa Tes Kandidat JPT untuk Sekretaris Utama ANRI ini diikuti sembilan orang peserta. “Tiga peserta berasal dari Ombudsman RI, Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara, enam peserta lainnya berasal dari ANRI,”imbuhnya.

Diartikulasikan pula bahwa penggunaan CAT BKN merupakan tahap pertama bagi para peserta dalam Proses Seleksi JPT untuk Sekretaris Utama ANRI. Tahap berikutnya, mereka menjalani Assesment di Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN. “Pada tahap akhir, para kandidat akan mempresentasikan makalah terkait kearsipan,”ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Aris Windiyanto menjelaskan bahwa Tes yang diadakan meliputi Tes Pengetahuan Umum, Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Substansi dengan sumber materi substansi yaitu Undang-undang No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan beserta peraturan pelaksanaannya dan Perka ANRI Nomor 14 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja ANRI. “Dalam kurun waktu 90 menit, setiap peserta harus menjawab 100 soal,”tuturnya. (Aman-Mia)