28
Okt

Customer Perspective Jadi Salah Satu Perspektif dalam Penyusunan Rencana Strategis

Jakarta-Humas BKN, Terdapat tiga perspektif yang digunakan dalam penyusunan rencana strategis (Renstra), yaitu customer perspective, internal process perspective dan learn and growth perspective yang bertujuan untuk mengukur hasil kinerja Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Akuntabilitas Program dan Anggaran Biro Perencanaan Achmad Yusaq dalam Rapat Dialog Kinerja Organisasi pada Senin (28/10/2019), di Kantor BKN Pusat Jakarta. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari Workshop Identifikasi Risiko Pencapaian Sasaran Startegis BKN yang telah dilaksanakan pada Jumat lalu (18/10/2019).

“Renstra dari sisi customer perspective disusun berdasarkan apa yang kira-kira menjadi keinginan dari customer, kemudian dari internal process perspective disusun berdasarkan proses bisnis dalam unit kerja, sedangkan dari learn and growth perspective disusun berdasarkan kebutuhan sumber daya manusia, sistem serta prosedur kerja di unit,” jelas Achmad Yusaq.

Rapat yang dilaksanakan untuk melihat perkembangan draf Renstra unit kerja ini akan diikuti secara terpisah oleh unit Sekretariat Utama, setiap Kedeputian dan Pusat-pusat di BKN dari Senin sampai dengan Jumat (28/10/2019- 01/11/2019). Pada kesempatan ini, Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN menjadi kali pertama memaparkan serta membahas matriks Renstra dan manual Indikator Kinerja Utama (IKU) Wasdal tahun 2020-2024 kepada Biro Perencanaan. “Draf Renstra telah kami susun, namun saat ini kami sedang menyempurnakan indeks dalam indikator kinerja utamanya,” ungkap Fulky Ghiffari perwakilan dari Kedeputian Wasdal.

Kemudian Achmad Yusaq memberikan contoh draf Renstra dari Sekretariat Utama BKN dan Kantor Regional III BKN Bandung sembari memberikan penjelasan dalam setiap tahap penyusunan rencana strategis unit kerja. Biro Perencanaan berharap agar setiap unit segera menyelesaikan Renstranya sehingga dapat disusun Rencana Strategis 2020-2024 dan Perjanjian Kinerja 2020 di lingkungan BKN. tas