17
Okt

Dalami Kepegawaian, 144 Siswa SMK N 1 Karanganyar Kebumen Kunjungi BKN Pusat

IMGL5081 copy

Para siswa/i kelas 12 dari jurusan Administrasi Pemerintahan SMK N 1 Karanganyar Kebumen saat melakukan foto bersama dengan para pejabat di BKN. (foto:kis)

Jakarta-Humas BKN, Perlunya pembelajaran yang disesuaikan dengan praktek yang dilakukan menjadi satu kebutuhan tersendiri untuk menciptakan SDM yang handal. Selain itu untuk mewujudkan kesimbangan antara hard skill dan soft skill menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan manusia. Untuk mewujudkan hal itu, 144 siswa dari SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen beserta para guru dan pendamping melakukan kunjungan ke Kantor Pusat BKN Jakarta, Senin (17/10/2016). Kunjungan ini bertujuan untuk menyelaraskan pembelajaran yang telah didapat di bangku sekolah dengan praktek yang dilakukan di instansi pemerintah. Para siswa yang datang merupakan murid-murid kelas 12 dari jurusan Administrasi Pemerintahan SMK N 1 Karanganyar Kebumen.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat  Herman, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Seleksi Yudhantoro Bayu serta Kepala Seksi Pensiun PNS Kementerian Parjo. Usai menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan, Wakil Manajemen Mutu SMK N 1 Karanganyar Haryanto memotivasi dan mengajak para siswa untuk dapat berkontribusi perbaikan untuk negeri ini. “Meski jadi bagian yang terkecil, tapi bisa memberi warna untuk Indonesia,” ajak Haryanto.

Pada kesempatan itu, para siswa mendapatkan materi terkait sistem seleksi CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN, tips n tricks untuk lolos seleksi, serta pemaparan terkait pensiun PNS. Antusiasme siswa dalam mengikuti acara ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang bertanya, diantaranya proses rekrutmen, adakah rekrutmen CPNS di tahun ini, hingga apakah kenaikan pangkat untuk lulusan SMK dan SMA disamakan atau dibedakan.

Terkait rekrutmen CPNS, Yudhantoro Bayu menjelaskan bahwa kesempatan yang dimiliki para siswa masih terbuka lebar, yakni mengikuti seleksi sekolah-sekolah ikatan dinas yang saat ini juga telah menggunakan CAT BKN. fhu