27
Jan

Data BKN dan BPS: Kalteng, Maluku, Papua Barat dan Sulteng, Provinsi dengan Rasio Guru-Murid Tertinggi

Jakarta-Humas BKN, Menyikapi sebaran guru yang dinilai masih belum proporsional antar satu daerah dengan yang lain di Indonesia dan ketidakmerataan kebutuhan guru yang sempat menjadi bahan perhatian Presiden RI Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang berlangsung Kamis (19/01), BKN lakukan analisis perhitungan kuantitas guru berstatus PNS yang tersebar di Provinsi dari aspek rasio jumlah guru dan murid.

Data berikut menunjukkan rasio guru dan murid tertinggi justru berada di Provinsi Kalimantan Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Sulawesi Tengah dengan rasio 0,05 yang notabene sering dikeluhkan mengalami kekurangan guru. Sebaliknya, rasio terendah dengan angka 0,02 berada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Berdasarkan komposisi rasio guru-murid tersebut, justru beberapa daerah yang selama ini dianggap mengalami kekurangan guru berada pada rasio kisaran 0,03 – 0,05. Hal ini berindikasi masih terjadinya ketimpangan perhitungan kebutuhan guru terhadap jumlah murid di daerah, yang berdampak pada dalih pengangkatan tenaga honorer tanpa perhitungan dan analisis yang memadai (Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja). Dik/Des

Untuk Info lebih lengkap terkait rasio guru dan murid klik tautan ini.