17
Sep

Database Talent Pool Jadi Dasar Pengisian JPT Pratama dan Administrator, KPK Ikut Awasi Pelaksanaannya

Ciawi – Humas BKN, Dalam rangka penyusunan database talent tool nasional bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Pusat Penilaian Kompetensi ASN kembali menggelar penilaian potensi dan kompetensi bagi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN, Purwanto, saat membuka kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi bagi JPT Pratama dan Administrator di Pusat Pengembangan ASN BKN Ciawi, Selasa (17/9/2019).

Purwanto melanjutkan, BKN bersama dengan Kementerian Prencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KemenPPN/Bappenas), Kantor Staf Presiden (KSP), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang membangun sistem informasi ASN. “Database talent pool yang merupakan informasi potensi dan kompetensi JPT Pratama dan Administrator menjadi salah satu data yang disajikan pada sistem informasi ASN tersebut. Pembangunan sistem informasi ASN ini menjadi Program Strategi Nasional (Stranas),” katanya.

Kemudian, Purwanto mengatakan nantinya pengelola kepegawaian dapat menggunakan sistem informasi ASN untuk kebutuhan organisasi, seperti kaderisasi dan pengisian jabatan secara cepat dan akurat. “Sistem Informasi ASN yang di dalamnya ada database talent pool akan diawasi secara berkala oleh KPK. Sehingga pengisian JPT di tiap instansi bisa dilakukan berbasis sistem merit dan mengacu pada database talent pool yang ada,” terangnya.

Kegiatan pelaksanaan penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator diikuti oleh sedikitnya 190 peserta yang berasal dari 16 Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) dan berlangsung selama 3 hari sejak 17 September 2019 hingga 19 September 2019. ber/bal