30
Jul

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Jadi Salah Satu Peserta Lulus Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I

Jakarta – Humas BKN, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windayanto berhasil menjadi salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I dengan mengusung perubahan atau inovasi layanan kepegawaian berupa “Digitalisasi Mutasi Kepegawaian berbasis Sistem Informasi ASN atau SIASN”. Pelepasan simbolis peserta sebagai PKN Tingkat I diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo melalui Upacara Pelepasan PKN I Angkatan XIVIII di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada Jumat, (30/7/2021) yang disaksikan pula oleh Plt Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

Dalam video singkat paparan inovasi Mutasi Kepegawaian Digital, Aris menyebutkan bahwa BKN telah melakukan perubahan terhadap proses mutasi kepegawaian yang semula bersifat manual menjadi sistem digital. Target itu akan segera direalisasikan untuk seluruh jenis mutasi kepegawaian, di antaranya layanan Pengadaaan seperti penetapan Nomor Indentitas Pegawai (NIP), mutasi antar jabatan/Instansi, pengangkatan ke dalam jabatan, pengajuan Kenaikan Pangkat, Status dan Kedudukan Kepegawaian, sampai dengan proses Pensiun.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam sambutan pembukaan Upacara Pelepasan PKN Tingkat I Angkatan XIVII tersebut berpesan agar para peserta dapat menjadikan pelatihan ini sebagai momentum transformasi birokrasi dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan menjadi strategis menuju birokrasi yang bersih, kompeten, dan melayani.

Di samping itu, Kepala LAN Adi Suryanto menyebutkan dari hasil evaluasi selama mengikuti PKN Tingkat I, peserta PKN I Angkatan XIVIII yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) di berbagai Instansi Pemerintah dinyatakan lulus setelah mengikuti pelatihan kepemimpinan kurang lebih 5 (lima) bulai sejak 2 Maret – 16 Juli 2021. Pelatihan dilakukan dalam rangka mengembangkan kompetensi manajerial bagi para pejabat yang telah atau akan menduduki PPT atau Jabatan Tinggi Madya. end/dit