09
Feb

Deputi Sinka Pertegas BKN Sebagai Pengendali Sistem CAT BKN dan Perkuat Standardisasi Kualitas Mutu Soal

Medan-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara sebagai instansi yang juga memiliki CAT berupaya untuk menstandardisasi sistem seleksi yang selama ini telah digunakan pada berbagai seleksi di instansi pemerintah, sekaligus meningkatkan mutu yang dimiliki sistem ini. Pada pengarahan saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Tes dengan CAT BKN Tahun 2016 di Kantor Regional VI BKN Medan, Selasa (7/2/2017), Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto menjelaskan bahwa ke depan CAT dapat digunakan oleh banyak instansi pemerintah, dan BKN harus menjadi pemegang kendali atas kualitas soal dan seleksi.

IMG_6664

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto menjelaskan bahwa ke depan CAT dapat digunakan oleh banyak instansi pemerintah, dan BKN harus menjadi pemegang kendali atas kualitas soal dan seleksi. (foto: dok. PPSR)

Dalam waktu dekat BKN akan memfasilitasi penyelenggaraan seleksi calon mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan Ikatan Dinas (IPDN, STAN, STIN, STIS, STSN, STMKG, AKIP-AIM, serta STTD).

Iwan menginformasikan bahwa ada seleksi untuk merekrut pegawai dengan tidak menggunakan sistem CAT BKN, namun kemudian meminta BKN bertanggung jawab atas seleksi yang dilakukan, tentunya ini tidak tepat untuk dilakukan. Masyarakat sudah mengakui bahwa sistem CAT BKN sangat mendukung validitas, objektivitas dan transparansi, maka proses seleksi yang pada akhirnya berkaitan dengan manajemen ASN.

Pada kesempatan itu Iwan juga menyampaikan harapannya bahwa dalam pemanfaatan CAT, Kantor Pusat BKN sebagai instansi Pembina dapat mengantisipasi agar instansi yang ada tetap mempercayai dan menggunakan CAT BKN.

Dengan kualitas soal yang telah teruji, juga pemanfaatan CAT BKN oleh berbagai instansi baik dalam pemetaan pegawai, ujian dinas, ujian penyesuaian kenaikan pangkat, serta pemanfaatan CAT BKN dalam rekrutmen CPNS, menjadikan CAT BKN layak untuk tetap diandalkan dalam berbagai proses seleksi kepegawaian yang ada.

Acara FGD yang dilaksanakan pada Selasa-Rabu (7-8/2/2017) ini juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN Bajoe Loedi Hargono, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN Heri Susilowati, Kepala Kantor Regional VI BKN Medan Prasetyono Catur Y. Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta sebagai perwakilan seluruh seluruh Kantor Regional I-XIV BKN termasuk tujuh Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil BKN. Dalam FGD tersebut dipaparkan tentang managemen SDM ASN, diskusi terkait evaluasi pelaksanaan CAT BKN, juga diskusi untuk menggali mekanisme fasilitasi sistem CAT BKN, baik di Pusat, Kantor Regional ataupun UPT BKN. (maz_)