16
Des

Direktur PSIK: Pejabat Administrator Sebagai Garda Depan Alur e-Office

Jakarta-Humas BKN, Guna mengembangkan penggunaan aplikasi e-office yang baru ini diluncurkan BKN (8/12), Direktorat Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian (PSIK) menggelar pelatihan penggunaan e-office kepada seluruh pejabat administrator di lingkungan kantor BKN Pusat, Selasa(15/12) di ruang CAT BKN.

12346377_710181709113461_6759194286401807865_n

e-office sebagai bentuk dukungan BKN dalam mendorong implementasi e-Governance, Direktur PSIK Sabar P Sormin. (foto: mia)

Aplikasi e-office diakui Direktur PSIK Sabar P Sormin sebagai bentuk dukungan BKN dalam mendorong implementasi e-Governance. Sabar mengungkapkan bahwa BKN harus kaya dalam inovasi dan salah satunya dapat direalisasikan melalui inovasi sistem pelayanan perkantoran yang efektif dan efisien.

Sabar, lebih lanjut menyampaikan bahwa implementasi e-governance tidak hanya dilihat dari tersedianya official website, setiap instansi pemerintah dituntut melakukan dan mengembangkan sistematisasi dan elektronisasi sistem pelayanan perkantoran.

Selanjutnya Sabar mengungkapkan bahwa aplikasi e-office membutuhkan peran seluruh pejabat administrator sebagai garda depan untuk tahap penyelesaian disposisi akhir e-office.

“Aplikasi ini sifatnya berjenjang, jadi proses teknisnya melibatkan peran beberapa pihak, mulai dari Kepala BKN hingga pejabat administrator, ini akan mempermudah komunikasi persuratan dan mail tracking antar pimpinan, selain efisiensi waktu, distribusi surat juga menjadi cepat dan transparan, ” jelasnya.

Sabar mengakui bahwa implementasi e-office tentu membutuhkan proses, lama atau tidaknya bukan terletak pada penerapan sistem elektroniknya, tetapi pada perubahan mindset yang terbiasa dengan sistem manual.

Salah satu pejabat administrator di lingkungan BKN Pusat Herman mengakui aplikasi e-office patut diapresiasi, tentu meningkatkan efektifitas komunikasi, harapannya akan lahir inovasi-inovasi selanjutnya yang menunjang aktifitas kerja institusi pemerintah. (desi)