07
Mar

DPRD Kab. Langkat Pelajari Sistem e-Kinerja BKN

Jakarta-Humas BKN, Kepala BKN Bima Haria Wibisana pernah mengungkapkan bahwa hadirnya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut mendongkrak paradigma BKN untuk melakukan digitalize seluruh sistem kerja, sebagai bagian siklus manajemen ASN. Salah satunya dengan sistem e-Kinerja, sebagai bentuk perhatian BKN dalam mewujudkan implementasi merit system, yang dirancang untuk mengukur indikator kinerja ASN.

Terobosan tersebut mengundang rombongan DPRD Kab. Langkat sambangi Kantor Pusat BKN Senin, (7/2) untuk mencari tahu sistem e-Kinerja yang mulai dilaksanakan BKN pada Tahun 2016. Direktur Kinerja ASN, Margi Prayitno menjelaskan bahwa e-Kinerja merupakan salah satu strategy development yang mengacu pada visi misi BKN untuk menyediakan standar pengelolaan kinerja ASN berbasis teknologi, sekaligus menyediakan layanan knowledge management khusus bidang kinerja ASN untuk menyamakan persepsi, meminimalisir permasalahan, serta memberikan solusi terhadap penerapan kebijakan bidang kinerja ASN.

“e-Kinerja saat ini dalam tahap implementasi dalam lingkup internal BKN, sekaligus akan melakukan evaluasi terhadap capaian keberhasilan pelaksanaan dan inventarisasi kendala hasil penerapan. Nantinya akses e-Kinerja akan dikembangkan ke tingkat nasional, didukung manajemen teknologi informasi dengan pemanfaatan Fitur Cloud Computing dan Big Data yang mengacu pada Master plan ICT BKN,” jelasnya.

Selain cari tahu sistem e-Kinerja, DPRD Kab. Langkat juga pelajari terkait analisis kebutuhan pegawai melalui e-formasi, BKN meminta agar pemerintah daerah memperhatikan data kebutuhan pegawai yang diinput ke dalam sistem harus tercapai 100%. “Lakukan penataan pegawai dengan benar melalui analisis jabatan dan beban kerja supaya tidak terjadi ketimpangan dan penumpukan pegawai di titik tertentu,” ungkap Kepala Sub Bidang Pengolahan Data Kebutuhan ASN Adi Suharto. (des/Uci/Adila)