01
Jun

Dr. Radjiman Wedyoningrat: Pancasila Ideologi Negara

Jakarta – Humas BKN, “Bila kita pelajari dan selidiki sungguh-sungguh Lahirnya Pancasila, ternyata bahwa hal itu adalah suatu awal demokrasi, suatu awal yang menjadi dasar negara kita, yang menjadi ideologi negara kita”. Petikan kalimat tersebut merupakan kata pengantar dari buku milik mantan ketua BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) Dr. Radjiman Wedyoningrat yang berisikan kumpulan dari pidato milik Ir. Soekarno. Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan kepada tim website BKN di ruang kerjanya, sesaat sebelum berlangsungnya upacara bendera memperingati Hari lahirnya Pancasila di Kantor Pusat BKN, Kamis (1/6/2017).

Ridwan melanjutkan, pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno secara aklamasi tersebut awalnya tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila oleh Dr. Radjiman Wedyoningrat melalui bukunya. Momentum yang terjadi pada tanggal 1 Juni 1945 di Gedung Pancasila (kini Kantor Kementerian Luar Negeri) itu akhirnya menjadi hari yang bersejarah karena ditetapkan menjadi Hari Lahirnya Pancasila.

Ridwan mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila, salah satunya yakni dengan melakukan Upacara Bendera, seperti yang dilaksanakan di Kantor Pusat dan seluruh Kantor Regional BKN. Namun ada hal yang menurutnya tak kalah penting, yaitu dengan mengamalkan dan menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri.

“Mari bersama-sama kita jaga ideologi bangsa. Saya Mohammad Ridwan, Saya Indonesia, Saya Pancasila,” pungkasnya. Berry