06
Mar

DWP BKN Jadi Srikandi Yang Berikan Edukasi Pentingnya Mitigasi Terhadap Bencana

Dharma Wanita Persatuan Badan Kepegawaian Negara (DWP BKN) menghadiri acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Penanggulangan Bencana antara DWP dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi bersama Ketua Umum DWP Wien Ritola Tasmaya, menandatangani MoU tersebut dalam rangka kerja sama mitigasi terhadap bencana. MoU yang dihadiri oleh 280 orang pengurus dan Penasehat DWP Instansi Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut diselenggarakan di Graha Marinir, Jakarta Pusat, Rabu (06/03/2019).

Dalam acara tersebut, Talk Show juga digelar dengan mengambil tema Peran Perempuan Dalam Menjaga Keselamatan Keluarga dan Lingkungan. Talk Show tersebut bertujuan agar para ibu anggota DWP dapat memahami dan mengerti perannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menjaga keselamatan keluarga dan melahirkan generasi penerus yang hebat serta berkarakter untuk kemajuan Bangsa.

Wien Ritola Tasmaya menjelaskan bahwa sebagai salah satu organisasi yang beranggotakan istri Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah selayaknya membantu program-program Pemerintah salah satunya terkait mitigasi bencana. Selain itu, DWP juga sebagai mitra strategis Pemerintah perlu menularkan pengetahuan terkait mitigasi bencana kepada anggota keluarga dan masyarakat. Wien menambahkan bahwa melalui MoU ini akan menjadi acuan dan kekuatan kerja sama untuk mengadakan pelatihan masif yang bertujuan meningkatkan awareness para istri ASN. “Dharma Wanita Persatuan harus siap untuk menjadi motivator-motivator mitigasi bencana, karena DWP siap untuk selamat,”ujarnya.

Nunik Haryomo Dwi Putranto mewakili pengurus DWP BKN menyampaikan bahwa DWP harus bisa berperan sebagai ibu, istri dan anggota masyarakat dalam mengedukasi pentingnya pengetahuan mitigasi terhadap bencana. Nunik juga mengungkapkan bersama Ketua DWP BKN, Sriyanti Bima Haria Wibisana dan pengurus DWP BKN lainnya akan merencanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan mitigasi bencana. “Secara sederhana DWP BKN menjadi seorang srikandi yang memberikan pengetahuan mitigasi bencana dalam keluarga dan langkah berikutnya kepada keluarga besar BKN di seluruh Indonesia,”ungkapnya. kaw