09
Okt

DWP BKN Libatkan Tim Kemenkes Lakukan Penilain Kantin BeKeN

Jakarta-Humas BKN, BeKeN Corner Food merupakan sebutan kantin yang biasa menjadi tempat nongkrong bagi pegawai di Kantor Pusat BKN Jakarta. Ada beberapa varian penjualan makanan yang dapat dipilih pegawai BKN sebagai santap pagi dan siang. Namun untuk memastikan kebersihan dan kualitas makanan yang disajikan masing-masing penjual, Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKN melibatkan salah satu tim dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan penilaian dan pembinaan dari aspek kualifikasi kantin sehat.

Ketua tim peniliti dari Kemenkes Soni Waraw mengungkapkan kegiatan pemeriksaan ini dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional yang ke-55 yaitu jatuh pada tanggal 12 November. Kemenkes melakukan penilaian terhadap 24 Instansi Pemerintah dan Perguruan Tinggi. “Standar utama yang secara khusus kami nilai mencakup aspek kebersihan dan menu makanan yang dijual terbilang sehat atau tidak,” ungkapnya saat penilaian berlangsung di Kantor Pusat BKN Jakarta pada Senin, (7/10/2019).

 

Soni juga mengajak penjual di Kantin BeKeN untuk menggalakkan kampanye yang diusung Kemenkes dengan semboyan “Isi Piringku” yang berarti setiap satu piring makanan yang dikonsumsi harus terdiri dari karbohidart, lemak, protein, vitamin dan mineral yang sesuai untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Dalam penilaian Kemenkes juga membawa tim dari laboratorium wilayah Jakarta Timur untuk pengambilan sampel beberapa menu makanan yang dijual oleh gerai makanan di kantin BeKeN. Lanjutnya, pengambilan sampel itu antara lain untuk mengatisipasi adanya bahan-bahan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh pegawai BKN yaitu seperti boraks dan formalin. Sampel yang diambil adalah daging ayam, sapi, tahu, tempe dan saus tomat.

Wakil ketua DWP Lis Supranawa Yusuf yang ikut mendampingi penilaian sekaligus selaku yang berwenang dalam pengelolaan kantin menyampaikan bahwa perlu adanya sosialisasi dan pelatihan untuk para penjual yang ada dikantin BKN. Diadakannya hal tersebut agar para penjamah dapat terampil, menjaga kehigienisan dalam menjaga kebersihan yang dijual. Respon para pemilik gerai makanan di kantin BKN merasa senang ketika makanan mereka di teliti dan dinilai oleh Kemenkes dan tim. pkl/des