08
Des

Efektifkan Aktivitas Perkantoran, BKN Implementasikan Aplikasi e-office

12309851_707445932720372_7382952649018255242_o

Kiri-Kanan : Heru Purwaka, Usman Gumanti, Sabar Sormin, Sidik Kadarusman (Dok : Kis)

Jakarta-Humas BKN, Dalam rangka memenuhi tujuan reformasi birokrasi, BKN mengembangkan e-office sebagai aplikasi perkantoran modern berbasis elektronik. Guna mengoptimalkan implementasi e-office tersebut, Direktorat Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN menggelar Pelatihan Penggunaan e-Office bagi Sekretaris Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan BKN, Selasa (8/12/2015) di aula Kantor Pusat BKN, Jakarta.

Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Sabar Sormin menjelaskan e-office adalah suatu sistem yang berhubungan dengan administrasi yang secara maya memusatkan komponen-komponen sebuah organisasi, di mana data, informasi dan komunikasi dibuat melalui media telekomunikasi. E-office salah satunya dapat digunakan dalam pengelolaan, penyimpanan, pengontrolan dokumen berupa surat masuk dan surat ke luar di lingkungan BKN. “E-office memiliki sejumlah tujuan yakni modernisasi birokrasi BKN yang antisipatif proaktif; Optimalisasi pemaanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pelaksanaan tugas dan fungsi; Pengembangan budaya nilai dan perilaku kerja yang positif; Penyederhanaan sistem, prosedur, mekanisme dan kontrol kerja yang efektif sert Meningkatkan mutu layanan administrasi,” jelas Sabar.

Sebelumnya, Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti dalam sambutan saat membuka secara resmi acara pelatihan tersebut mengatakan BKN terus mendukung upaya reformasi birokrasi khususnya dalam tata kelola implementasi kerja birokrasi. “Penerapan aplikasi-aplikasi berbasis online di lingkungan BKN, diharapkan dapat menjadi prasarana terlaksananya kerja yang efektif dan efisien,” jelas Usman.dep