22
Mei

Experience Sharing Rekrutmen CPNS Secara Nasional Warnai Kunjungan Hari ke-2 Delegasi OCSC Thailand ke BKN

Jakarta – Humas BKN, Hari ke-2 kunjungan kerja delegasi Office of the Civil Service Commissioner (OCSC) Thailand di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Selasa (21/5/2019) diisi dengan berbagi pengalaman tentang pelaksanaan rekrutmen CPNS secara nasional oleh BKN. Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN, Heri Susilowati yang menerima kunjungan itu menjelaskan tentang proses seleksi dan rekrutmen CPNS, fungsi organisasi, proses bisnis pembuatan soal, hingga pengaturan waktu pelaksanaan seleksi.
“Sejak tahun 2013, metode seleksi yang digunakan dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS di Indonesia adalah Computer Assisted Test (CAT). Hingga tahun 2018, metode tersebut terbukti mampu menyeleksi putra-putri terbaik bangsa secara cepat, akuntabel dan transparan,” ujarnya, di Ruang Rapat PPSR, Selasa (21/5/2019).

Selanjutnya, Heri mengatakan tugas utama BKN dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS adalah menyiapkan aturan teknis, membangun sistem informasi yang berbasis teknologi, memfasilitasi proses seleksi dan rekrutmen, dan melakukan monitoring, evaluasi dan implementasi sistem rekrutmen. “Secara keseluruhan, rekrutmen CPNS secara nasional merupakan kerja kolektif beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) yang tergabung dalam Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dengan tugas dan fungsi yang berbeda-beda,” tutupnya.

Sebelumnya, Senin (20/5/2019), Delegasi OCSC Thailand telah hadir di Kantor Pusat BKN untuk melakukan benchmarking berkaitan dengan perjalanan transformasi sistem rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui computer assisted test (CAT) yang dinilai berhasil di Indonesia. Kedatangan delegasi OCSC Senin kemarin disambut Sekretaris Utama (Sestama) BKN Supranawa Yusuf bersama jajaran Jabatan Pimpinan Tinggi BKN melalui official meeting.

Sekretaris Utama (Sestama) BKN dalam sambutannya mengatakan hubungan bilateral antara BKN dengan OCSC telah terjalin sejak lama, dan semakin berkembang sejak Pusat Pengembangan ASN BKN mengundang seorang delegasi OCSC sebagai narasumber dalam kegiatan sharing session. Sestama BKN berharap melalui kunjungan tersebut, baik BKN maupun OCSC Thailand dapat saling berbagi pengetahuan dan diskusi yang dapat memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak terutama dalam bidang kepegawaian. ber/des