05
Sep

Gagas Aplikasi Sipeda, Kanreg BKN Bandung Ajukan Pengembangan Sistem untuk Pemanfaatan Skala Nasional

Jakarta – Humas BKN, Sebagai upaya pengajuan pengembangan Sistem Informasi PNS Meninggal Dunia (Sipeda) yang digagas oleh Kantor Regional (Kanreg) III BKN Bandung dan sudah dimanfaatkan sejak tahun 2017, Kepala Kanreg Bandung Imas Sukmariah mengajukan pengembangan sistem khususnya pada aspek keamanan data kepada Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka). Hadir bersama Kepala kantor cabang PT. Taspen Cirebon dan perwakilan kantor pusat PT. Taspen Jakarta, pertemuan dilakukan dengan Deputi BKN Bidang Sinka pada Kamis, (5/9/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Imas memaparkan progres penggunaan Sipeda dalam kurun waktu dua tahun terakhir di seluruh wilayah kerja (wilker) kantor PT. Taspen cabang Cirebon. (foto: kis)

Pada kesempatan itu, Imas memaparkan progres penggunaan Sipeda dalam kurun waktu dua tahun terakhir di seluruh wilayah kerja (wilker) kantor PT. Taspen cabang Cirebon. Ia menerangkan bahwa sistem ini memang belum digunakan di seluruh wilker Kanreg, namun sudah diimplementasikan oleh BKD/BKPSDM wilayah Cirebon untuk mempercepat penetapan pensiun PNS khususnya pensiun janda/duda. Menurutnya gagasan Sipeda ini dilatarbelakangi sejumlah keterlambatan penetapan pensiun janda/duda yang berdampak pada keluarga PNS yang meninggal dunia. Untuk itu Ia berharap sistem ini kemudian dapat dikembangkan sehingga pemanfaatannya tidak hanya berhenti di wilayah Cirebon tetapi dapat mencakup seluruh wilker PT. Taspen termasuk pusat.

Hal serupa juga diterangkan oleh pihak kantor cabang PT. Taspen Cirebon yang sudah menggunakan sistem ini untuk mempercepat penetapan Surat Keputusan (SK) pensiun PNS. Kepala kantor cabang PT. Taspen Cirebon Wahyu menjelaskan bahwa Sipeda berdampak pada percepatan proses bisnis penetapan pensiun antara BKD, BKN, Taspen, sampai ke penerima manfaat pensiun tersebut. “Sistem ini selain paperless juga mempercepat layanan pensiun PNS, apalagi bagi keluarga PNS yang meninggal dunia merasa terbantu,” terangnya.

Pengajuan Sipeda untuk ditingkatkan sebagai sistem yang bisa digunakan skala nasional disambut baik oleh Deputi Sinka Suharmen.

Pengajuan Sipeda untuk ditingkatkan sebagai sistem yang bisa digunakan skala nasional disambut baik oleh Deputi Sinka Suharmen. Ia berharap jika sistem ini bisa dikembangkan menjadi bagian sub sistem aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang selanjutnya akan terintegrasi melalui SI-ASN yang tengah dibangun BKN, seluruh Kanreg BKN akan berbagi pakai meskipun penggagas awalnya adalah Kanreg Bandung. Namun Ia mengingatkan soal sistem keamanan Sipeda yang menurutnya menjadi poin penting pengembangan karena menyangkut data pensiun PNS. des