07
Des

Giatkan Transparansi, BKN Dorong Pembangunan TMIS

Jakarta, HUMAS BKN ̶ Sistem Pengendalian Perjalanan Dinas Berbasis IT atau Travel Management Information System (TMIS) dalam rangka mengembangkan elektronisasi sistem pelayanan kepegawaian dan keuangan negara resmi dibentuk oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (7/12) di Kantor BKN Pusat.

Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menyampaikan optimisme dan ekspektasi terhadap ‘kebaruan’ yang dipandang berdampak baik pada proses monitoring dan transparansi perjalanan dinas ke depan. Lebih lanjut, Usman mengutarakan bahwa bukan saatnya lagi berpijak pada sistem manual yang selama ini dipandang kurang efektif, bahkan harus diakui banyak kekeliruan yang terjadi.

“Dengan sistem TMIS ini, kita mengharapkan adanya akurasi data, kejelasan real time terlaksananya perjalanan dinas tersebut, yang paling penting mendorong transparansi dan mempermudah proses pengendalian terlebih karena ini menyangkut uang negara,” kata Usman.

Selanjutnya, Kepala Biro Keuangan Imas Sukmariah menjelaskan bahwa TMIS bertujuan menertibkan tata cara proses perjalanan dinas, mempermudah pejabat pembuat komitmen (PPK) mengendalikan realisasi perjalanan dinas, dan tentunya membantu terlaksananya monitoring evaluasi penyelenggaraan perjalanan dinas.

Imas, lebih lanjut menyampaikan bahwa pengembangan sistem TMIS ini sejalan dengan peraturan Menteri Keuangan No. 190 Tahun 2012 tentang tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara.

fb12

Dari kiri ke kanan, Sidik Kadarusman, Usman Gumanti, dan Imas Sukmariah. (foto: astri)

Dalam pertemuan yang sama, Direktur Pengolahan Data Sidik Kadarusman mengutarakan pandangan serupa bahwa TMIS menjadi sistem yang memudahkan kita merekam, mengontrol, dan memonitor laporan perjalanan dinas yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Sidik menambahkan bahwa hal itu turut mendorong aktualisasi UU No. 11 Tahun 1973 tentang keuangan negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab. (desi)