07
Jul

Gunakan Anggaran secara Efektif, BKN Upayakan Quality Spending

Jakarta-Humas BKN, Agar dapat menggunakan anggaran secara efektif dan efisien, Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus mengupayakan quality spending (kualitas penyerapan) anggaran selain persentase penyerapan yang maksimal. Selain itu, perencanaan program secara baik harus diiringi dengan eksekusi dengan baik pula. Arahan ini disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2015 dan Penyusunan Rencana Kegiatan Tahun 2016, di Ruang Data BKN Pusat Jakarta, Selasa (7/7). Kegiatan ini diikuti para pejabat pimpinan tinggi di BKN Pusat serta para Kepala Kantor Regional (Kakanreg) BKN.

Bima Haria Wibisana lebih lanjut menggarisbawahi bahwa tiap instansi pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap tiga gatra organisasi secara komprehensif dan simultan. Tiga gatra tersebut adalah kelembagaan terkait implementasi Reformasi Birokrasi, rencana penyerapan anggaran, dan pelaksanaan program. “Jika tahun lalu penyerapan anggaran BKN sebesar 90 persen, kita upayakan agar pada akhir tahun ini BKN bisa menyerapan anggaran sebesar 95-96 persen,”tandasnya.

Ditegaskan pula bahwa BKN terus berkomitmen terhadap pelaksanaan Open Bidding (Seleksi Terbuka) untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang lowong di BKN. “Berdasarkan amanah UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), prosesnya berlangsung terbuka, obyektif, serta diawasi Komisi ASN,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Usman Gumanti menjelaskan bahwa BKN kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan enam kali berturut-turut (2009,2010,2011,2012,2013, dan 2014, Red). “Kita perlu mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas Opini WTP secara optimal,”tuturnya. (Aman)