09
Nov

Gunakan CAT BKN dalam SKB Dongkrak Kepercayaan Publik Terhadap Instansi

Jakarta-Humas BKN, Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan Pegawai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bugi Sulaeman menyambut baik pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS KLHK dengan CAT BKN. Pernyataan tersebut disampaikan Bugi di sela-sela pelaksanaan SKB di Kantor Pusat BKN Jakarta pada Kamis (9/11/2017).
“Saya sangat setuju dan menyambut baik pelaksanaan SKB dengan CAT BKN. Apalagi memang manajemen PNS secara tugas pokok fungsi merupakan tanggung jawab BKN sehingga kami yakin, seperti SKD, pelaksanaan SKB oleh BKN lebih ahli dan lebih profesional,” ujar Bugi Sulaiman.

Sementara saat ditanya mengenai prediksi atas hasil pelaksanaan SKB menggunakan CAT BKN, Bugi mengatakan “Kami yakin dengan CAT BKN hasil SKB akan obyektif. Selesai tes peserta dapat langsung bisa melihat hasilnya sehingga peluang kecurangan akan tertutup,” imbuhnya.

 

 

Bugi juga menyampaikan bahwa sampai sejauh ini pelaksanaan seleksi dengan CAT BKN tidak ada keluhan. “Peserta seleksi CPNS KLHK malah merasakan keterbukaan. Artinya mereka mengakui bahwa dalam seleksi tidak ada macam-macam dalam tanda kutip. Jadi ada kepercayaan masyarakat terhadap rekrutmen CPNS di lingkungan KLHK,” tambah Bugi.

Selanjutnya Bugi juga meyakini bahwa dengan sistem seleksi yang baik pasti akan tersaring pegawai dengan kualitas yang lebih baik. “Sebagaimana visi BKN yaitu PNS profesional dan bermartabat, dari bibit yang bagus (CPNS-red), maka pelayanan dan kinerja instansi ke depan kami yakini akan lebih baik,” tandas Bugi.

Sementara itu Data Center CAT BKN mencatat terdapat sebanyak 800 peserta SKB dari KLHK. Pelaksanaan SKB mereka tersebar pada enam titik lokasi, meliputi: Kantor Pusat BKN, Kanreg II BKN Surabaya, Kanreg IV BKN Makassar, Kanreg IX BKN Jayapura, Kanreg VIII BKN Banjar Baru, dan Kanreg VI BKN Medan. Sementara SKB pada Kantor Pusat BKN diikuti oleh 437 peserta. afn/sah/bal