12
Okt

Hadirkan Sestama BKN, Kementerian ESDM Pelajari Implementasi Manajemen Talenta ASN

 

Jakarta – Humas BKN, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara khusus mengundang Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf untuk mempelajari secara komprehensif perihal konsep implementasi manajemen talenta dan pengembangan karir Aparatur Sipil Negara (ASN). Pertemuan dilakukan di Gedung Kementerian ESDM Jakarta (11/10/2019) yang dihadiri masing-masing perwakilan unit kerja di ESDM.

Menjawab keingintahuan tersebut, Sestama BKN Supranawa Yusuf memaparkan sejumlah konsep perencanaan implementasi manajemen talenta ASN nasional. Ia menguraikan langkah awal penyusunan manajemen talenta ASN nasional ini akan diawali melalui pelaksanaan pemetaan kompetensi ASN dengan metode assessment center. Dalam hal ini, BKN akan melakukan akreditasi terhadap lembaga penilai & sertifikasi penilai ASN di instansi pemerintah. Hasil pemetaan kompetensi ini yang kemudian menjadi talent pool ASN secara nasional.

Data talent ASN ini, lanjut Supranawa Yusuf akan dikelola melalui sistem informasi manajemen talenta yang juga menjadi bagian dari sistem manajemen karir dan akan tercakup dalam sistem informasi ASN nasional yang dikelola BKN sesuai mandat Undang-undang 5/2014 tentang ASN. Secara spesifik juga diuraikan tentang tujuan pembangunan manajemen talenta ASN ini, di antaranya yakni untuk mendukung pembangunan nasional, memastikan tersedianya pasokan talenta ASN, menyeimbangkan antara pengembangan karir dengan kebutuhan instansi, dan memberikan kepastian karir masing-masing ASN.

Soal realisasi manajemen talenta ASN secara nasional, Supranawa menjelaskan bahwa dari aspek kelembagaan, BKN akan berkolaborasi dan bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga yg berkaitan dgn ASN, SDM, dan pembangunan nasional. des