12
Jul

Harteknas : Gelorakan Inovasi, Bicara Inovasi Bicara Masa Depan

Picture1

Prof. Ainun Na’im mengatakan pentingnya membangun sinergi bersama-sama untuk mensosialisasikan kapasitas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi. (foto:win)

Jakarta-Humas BKN, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,  Jumain Appe memaparkan peran Sumber Daya Manusia dan Inovasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah penting. Dibutuhkan semangat  tinggi untuk terus berinovasi di dunia pengetahuan dan teknologi. Inovasi merupakan wujud kreativitas dan sinergisitas antara ilmu pengetahuan dan kemauan untuk mengembangkannya. “Bicara terkait inovasi adalah bicara tentang masa depan. Tahun ini isu kemaritiman diangkat dalam peringatan Harteknas ke-22, perkembangan teknologi maritim perlu terus digali dan kemampuan bangsa ini untuk mengembangkannya memegang peranan penting”. Hal itu disampaikan oleh Jumain dalam Forum Tematik Bakohumas, Rabu (12/07/2017) bertempat di Ballroom Oria Hotel, Jakarta.

Di bagian lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Prof. Ainun Na’im mengatakan beberapa media yang kini ada sudah mempunyai kolom khusus sebagai sarana penyampaian perkembangan teknologi dan informasi di Tanah Air, namun hal ini belum cukup untuk menampung isu-isu terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di negeri ini “Sebagai contoh masyarakat luas belum banyak yang mengetahui tentang peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Masyarakat luas cenderung mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebatas informasi umum saja”.

Picture2

Sekjen Kemristekdikti menambahkan tentang pentingnya membangun sinergi bersama-sama untuk mensosialisasikan kapasitas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi, salah satunya dengan peringatan Harteknas setiap tahunnya. “Saat ini kami masih terus berjuang untuk terus mengembangkan teknologi untuk dapat dipergunakan di negeri sendiri”, papar Ainun.

Forum Tematik Bakohumas kali ini mengangkat tema “ Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan “ dimana tahun 2017 ini kemaritiman di tanah air menjadi isu yang sangat menarik untuk dibahas, sekaligus menjadi fokus utama dalam peringatan acara puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke 22 yang akan dilaksanakan pada bulan agustus mendatang di Makassar.

Disisi lain, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku Ketua Forum Bakohumas, Rosarita Niken Widyastuti mengatakan pentingnya reaktualisasi teknologi salah satunya dengan penyelenggaraan Forum Tematik Bakohumas. “Kami mengajak praktisi humas K/L bersama-sama mendukung dalam penyampaian informasi kepada masyarakat agar lebih peduli dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negeri ini,” ujar Rosarita. win/was