28
Okt

Hasil Assessment Center Dapat Digunakan untuk Referensi Pengembangan Softskill ASN

IMG-20161027-WA0061

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana (foto tengah) saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center). Dep

Bali-Humas BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan hasil penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negar (ASN) yang dilakukan Assessment Center (AC) tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai referensi rekrutmen dan promosi ASN namun juga dapat dimanfaatkan sebagai acuan penyusunan program pengembangan kompetensi ASN, termasuk pengembangan softskill seperti kemampuan kepemimpinan, membangun kerjasama, menumbuhkan kreativitas, mengelola tim dan melakukan inovasi perubahan. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BKN saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center) yang dilaksanakan PusatĀ  Penilaian Kompetensi (Puspenkom)ASN BKN bekerja sama dengan Kantor Regional (Kanreg) X BKN Denpasar, Kamis (27/10/2016) di Aula Bimasena Kanreg X BKN Denpasar.

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala BKD se-Provinsi Bali, NTB dan NTT beserta pengelola assessment center dari beberapa instansi yang memiliki assessment center, Kepala BKN mengatakan hasil penilaian kompetensi AC BKN memiliki akurasi sebesar 70% dan menggunakan instrumen yang paling tinggi validitasnya karena menggunakan multi metode. Dengan multi metode ini kelemahan satu metode ditutupi oleh metode yang lain sehingga hasilnya layak dijadikan referensi dalam pengelolaan kepegawaian.
Sebelumny dalam sambutan selamat datang kepada para peserta, Kepala BKN Kanreg X Denpasar, I Made Ardita mengatakan sumber daya manusia merupakan aset utama dan mempunyai peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Oleh karena itu selain perlu peningkatan integritas, perlu juga dilakukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan baik potensi maupun kompetensi setiap personil dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Di bagian lain, dalam rakor juga dipaparkan sejumlah materi oleh perwakilan dari Puspenkom ASN BKN yakni materi tentang Penyelenggaraan dan Kerjasama Penilaian Kompetensi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Standar Penilaian Kompetensi, Paryono dan materi tentang Monitoring dan Evaluasi Penilaian Potensi dan Kompetensi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi, Emerentiana Saptaningsih. dep