14
Mar

“Hasil Penghitungan Indeks Profesionalitas ASN Ukur Konsistensi Pengembangan Kualitas Kinerja ASN”

margi

Kepala Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian (Puskalitpeg) Margi Prayitno. dey

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian (Puskalitpeg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Workshop Penghitungan Indikator Indeks Profesionalitas ASN yang dihadiri oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Kepala Puskalitpeg Margi Prayitno, Kepala Biro Perencanaan Agus Sutiadi serta perwakilan dari sejumlah kementerian dan lembaga (K/L) instansi pusat di Hotel Sari Pan Pacific, Senin (13/03/2017).

Dalam acara tersebut Kepala BKN mengatakan hasil penghitungan indeks profesionalitas ASN dapat digunakan seluruh K/L instansi pusat untuk menilai konsisten langkah dalam pembangunan kualitas kinerja ASN. Bima menambahkan, “Setiap K/L di instansi pusat harus mempunyai data yang valid agar dapat menghitung indeks profesionalitas ASN di lingkungannya.”

Di bagian lain Kepala Biro Perencanaan BKN, Agus Sutiadi selaku narasumber dalam acara tersebut memaparkan manfaat diadakannya acara tersebut adalah untuk mengetahui dan mengontrol jumlah jabatan yang belum terisi, menyesuaikan kompetensi ASN dengan jabatan kosong yang ada serta menyusun rencana pengembangan SDM yang lebih jelas.

Selanjutnya Agus mengatakan penghitungan ini akan meminimalisasi disparitas dalam suatu organisasi misalnya terkait remunerasi dan lain sebagainya sehingga ke depan dapat disusun mekanisme yang lebih objektif dalam pengoptimalisasi kinerja. “Tak hanya itu, dari hasil penghitungan indeks profesionalitas ini dapat   diketahui tingkat pelanggaran displin yang selanjutnya dapat dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan ke depan”.

Sementara itu Kepala Puskalitpeg Margi Prayitno mengharapkan selepas mengikuti Workshop seluruh K/L dapat mengimplementasikan tata cara penghitungan indikator indeks profesionalitas ASN pada masing-masing instansi dan hasil penghitungan indikator indeks profesionalitas ASN agar dikirim ke BKN akhir Maret 2017 untuk MUSRENBANG. dey/ine