20
Nov

Hasil Talent Pool 2019 Tahap II, Kepala BKN: Gunakan Data Potensi dan Kompetensi ini Jadi Acuan Manajemen Talenta

Jakarta – Humas BKN, Sejumlah 1.009 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan Administrator dari 71 Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang telah mengikuti rangkaian pelaksanaan Talent Pool (TP) Tahap II pada Juli – September 2019, menerima hasil penilaian kompetensi dan potensi yang dilakukan melalui Assessment Center (AC) Badan Kepegawaian Negara (BKN).  Kepala Bidang Perencanaan dan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi, Ketut Buana melaporkan bahwa pelaksanaan TP tahun 2019 diikuti oleh 1.900 peserta dari 121 K/L/D, dengan komposisi 259 JPTP dan 1.641 Administrator.

“Untuk pelaksanaan TP 2019, BKN juga sudah bekerja sama dengan Sekretariat Nasional Pemberantasan Korupsi dalam pemanfaatan hasil untuk mempercepat implementasi sistem merit. Diharapkan instansi segera memanfaatkan hasil TP ini sebagai training need analysis, termasuk promosi dan mutasi. BKN dan Sekretariat Nasional Pemberantasan Korupsi juga akan memonitor pemanfaatan hasil TP ini di instansi,” jelasnya dalam Penyerahan Laporan Hasil Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator di Kantor BKN Pusat Jakarta pada Rabu, (20/11/2019).

Usai menyerahkan hasil TP kepada masing-masing instansi, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengingatkan agar instansi tidak hanya sekadar menggunakan hasil itu sebagai acuan promosi. “Jadi promosi itu hanya sebagaian kecil dari pemanfaatan TP, justru jadikan ini sebagai acuan identifikasi kompetensi dan potensi pegawai, manfaatkan ini untuk menempatkan SDM pada tempat yang pas dengan kapabilitasnya, desain rencana pengembangannya, ini tujuan besarnya untuk manajemen talenta,” ujarnya.

Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN, Purwanto menguraikan kembali enam peran BKN dalam manajemen talenta nasional, yakni sebagai penyelenggara penilaian kompetensi, pembina lembaga penilai kompetensi, pengembangan metode penilaian kompetensi, sertifikat asesor, pembina jabatan fungsional Asesor SDM Aparatur, evaluasi penilaian kompetensi dan pemanfaatan, serta mengelola/mengembangkan sistem informasi ASN. Keenam hal tesebut sudah diatur dalam Peraturan BKN 26/2019 tentang Pembinaan Penyelenggara Penilaian Kompetensi.

Dalam kesempatan ini juga diberikan apresiasi kepada empat Kantor Regional (Kanreg) BKN dengan kontribusi tertinggi dalam realisasi target TP 2019, yakni Kanreg X BKN Manado (Peringkat I), Kanreg VI BKN Medan (Peringkat II), Kanreg V BKN Jakarta (Peringkat III), dan Kanreg III BKN Bandung (Peringkat IV). des