16
Sep

Humas Bukan Lagi ‘Tempat Buangan’

Jakarta-Humas BKN, Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah sudah bukan lagi unit kerja yang diisi oleh sumber daya manusia (SDM) ‘buangan’. Humas Pemerintah bukan tempat buangan. Dituntut untuk kreatif, responsive, dan inovatif. Untuk itu, harus diisi oleh SDM yang unggul. Pernyataan tersebut disampaikan staf khusus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Bidang Komunikasi, Sosial dan Politik M. Fariza Y. I  di Kantor kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Selasa (15/9/2015).

“Apabila saat ini masih ada Humas Pemerintah berisikan SDM yang tidak berkompeten, ya good bye saja,” ungkap Fariza.

Lebih lanjut, Caca, sapaan akrab M. Fariza Y. I, mengatakan bahwa peran Humas Pemerintah saat ini sangat sentral, jika berbicara pada outcome. Menurut Caca bahwa tanpa promosi dan sosialisi yang benar, kebijakan dan program Pemerintah hanya akan menjadi paperwork, tidak menghasilkan outcome bagi pemerintah. “Itulah mengapa Humas perlu SDM yang handal,” terang Caca.

“Masyarakat tidak akan tahu kebijakan dan program Pemerintah bila tidak ada sosialisasi dan promosi yang benar. Ketidaktahuan masyarakat itu merupakan lost outcome bagi Pemerintah, dan Humas pemerintah lah yang bertanggungjawab untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi,” pungkasnya. (Berry)