27
Nov

Humas Pemerintah Menjadi Leading Sector Penyampaian Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi

Jakarta – Humas BKN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Syafruddin, menyampaikan bahwa jajaran Humas Pemerintah (Government Public Relation) menjadi leading sector pelaporan capaian reformasi birokrasi dalam kurun 4 tahun kinerja Pemerintah Jokowi-JK.

MenPANRB juga menyebutkan peran humas Pemerintah kini sebagai jantung organisasi/institusi. “Tanpa adanya peran humas di masing-masing institusi pemerintah, apapun capaian kinerja pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat, sehingga kepercayaan publik mustahil memperoleh hasil yang baik,” ungkapnya saat membuka forum Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) yang digelar Kementerian PANRN pada Selasa, (27/11/2018), di Ambhara Hotel Jakarta Selatan dengan mengusung tema “Capaian 4 Tahun Reformasi Birokrasi”.

Syafruddin juga menyayangkan adanya sejumlah masyarakat kebanyakan yang mudah terpapar konten negatif. (foto: mia)

Menyinggung penggunaan media sosial kini, Syafruddin juga menyayangkan adanya sejumlah masyarakat kebanyakan yang mudah terpapar konten negatif. Untuk itu MenPANRB meminta peran Humas selain melakukan fungsi branding citra institusi, juga sepatutnya semakin masif menyampaikan apa saja capaian Pemerintah dan upaya Pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui kemasan publikasi kekinian.

Perihal hasil capaian reformasi birokrasi, Syafruddin menyebutkan bahwa dalam kurun empat tahun terakhir, kinerja reformasi birokrasi telah mengalami peningkatan. Hal itu bisa diindikasikan di antaranya dengan meningkatnya indeks kualitas pelayanan publik dan indeks kepercayaan publik terhadap Pemerintah. MenPANRB juga meminta peran humas yang tergabung dalam forum Bakohumas untuk membantu penyampaian capaian reformasi birokrasi.

Capaian-capaian tersebut secara mendetil dipaparkan melalui kinerja institusi Pemerintah di berbagai sektor. Misalnya kinerja instansi pemerintah di bidang perekonomian, bidang kemaritiman, dan bidang aparatur negara. des