26
Agst

Implementasi VPN, CAT BKN Lakukan Terobosan

CatVPN1

Suasana Pelatihan. (foto: kis)

Jakarta-Humas BKN, Pagi ini (26/8) seluruh admin pengelola Computer Assisted Test (CAT) Kantor Regional I hingga XIV BKN melakukan simulasi terkait pemutakhiran jaringan CAT berbasis Virtual Private Network (VPN) di ruang CAT BKN Pusat.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 52 admin pengelola CAT seluruh lingkungan kerja BKN tersebut bertujuan sebagai media pembekalan guna proses penerapan sistem jalur komunikasi data berbasis VPN yang sudah mulai dibangun sejak tahun 2014 silam.

Virtual Private Network (VPN) sendiri berfungsi sebagai sistem yang membentuk jaringan dalam cakupan luas dan mendukung akses komunikasi yang menghubungkan BKN Pusat dengan seluruh wilayah kantor regional BKN secara mudah.

Kepala Bidang Pengelolaan Pembina Teknologi Informasi Seleksi, Yudhantoro Bayu, mengakui bahwa sosialisasi pembangunan infrastruktur aplikasi CAT berbasis VPN ini sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan mengadakan kegiatan simulasi implementasi jalur komunikasi data berbasis VPN.

CatVPN2

Yudhantoro Bayu, kedua dari kiri. (foto: kis)

“Ke depan, kita akan melakukan uji coba secara langsung penerapan jaringan CAT berbasis VPN ini, mengingat CAT BKN tidak hanya berfungsi sebagai media untuk melakukan rekrutmen tapi seluruh proses seleksi kepegawaian dilakukan dengan CAT, ” tandasnya.(desi)