29
Nov

Informasi yang Mengandung Kemanfaatan bagi Publik itu Jadi Incaran Pemberitaan Pers

Palembang-Humas BKN, Berita yang mengandung kemanfaatan bagi publik atau mengandung news value tinggi menjadi incaran awak media. Pernyataan itu disampaikan Pimpinan Perusahaan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Ririn, saat menerima perwakilan tim Humas BKN Pusat dan pegawai Kantor Regional VII BKN Palembang yang melakukan kunjungan ke kantor pemberitaan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Kamis (29/11/2018), di Graha Tribun Sumsel, Palembang.

“Bagi Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, news value menjadi acuan pertama dalam mempublikasikan sebuah kegiatan. Jika news value-nya tinggi maka pasti akan kami beritakan”, ujar Ririn.

Ririn menambahkan frame bad news is a good news kini tidak menjadi acuan dalam pemberitaan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post. “Sebelum mengangkat sebuah informasi menjadi berita, kami mengukur seberapa news value yang dimiliki sebuah informasi. Kalo toh ada bad news, kami mengalkulasi dulu adakah kemanfaatan bagi publik jika informasi itu kami beritakan. Jika tidak, kami tidak akan memberitakan”.

Pada kesempatan itu, Manager Liputan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Hanafijal memberikan apresiasi kepada BKN atas suplai informasi kepegawaian yang diberikan kepada pers. “Kebutuhan publik atas informasi kepegawaian saat ini begitu tinggi. Kanreg VII BKN Palembang cukup sering mengundang kami u membagi informasi kepegawaian”. Menambahkan Hanafijal, Ririn menyebutkan cukup masifnya informasi kepegawaian yang diberikan BKN kepada awak Tribun Sumsel dapat dilihat dari seringnya informasi kepegawaian tayang dalam laman media Tribun Sumsel. “Ini saya cek di Tribun Sumsel, hampir tiap hari ada berita kepegawaian dari BKN,” kata Ririn sambil tersenyum.

Di bagian lain, Kepala Sub Bagian Fasilitasi Pengaduan Masyarakat Biro Humas BKN, Sisti Harini mengatakan keterlibatan pers dalam memberitakan informasi kepegawaian juga berkontribusi pada terbangunnya kepahaman publik akan aspek-aspek kepegawaian. “Dengan tersampaikannya publik akan informasi kepegawaian yang benar, akan meminimalisasi publik terjebak pada informasi kepegawaian palsu atau hoax”. Sementara itu Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antarlembaga Biro Humas BKN, Diah Eka Palupi berharap sinergisitas BKN dan Media Tribun Sumsel dapat terus terjaga dalam publikasi informasi kepegawaian kepada publik termasuk memahamkan publik agar hanya merujuk informasi kepegawaian pada situs-situs resmi milik instansi Pemerintah. dik